Select Page

Olahan daging selalu membuat perut keroncongan. Sepotong daging dengan rasa yang enak dan khas membuat banyak orang mengonsumsinya. Ditambah lagi, daging juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan benar dan dalam porsi yang tepat.

Namun bagi Anda yang memiliki pantangan dalam mengkonsumsi daging harus lebih berhati-hati. Anda dapat mengatur seberapa sering konsumsi daging per seminggu nya atau setiap bulan. Nah, jika ingin mencerna daging sapi dengan mudah, tak ada salahnya mencoba daging giling. Daging sapi giling adalah daging yang dicincang dengan mesin agar lebih kecil dan halus.

Anda bisa membeli daging giling di pasar tradisional atau supermarket. Atau jika Anda ingin menggilingnya sendiri bisa menggunakan mesin gilingan daging. Mengolah daging giling tidak begitu sulit, berikut olahan daging giling dengan jagung muda yang enak dan banyak manfaatnya.

Tumis Daging Giling Campur Jagung Muda

Bahan-bahan

  • 500 gr daging sapi berkualitas baik
  • 100 gr jagung muda, potong-potong
  • 200 gr wortel, potong kotak
  • 1 bawang bombay, potong memanjang
  • Bawang merah untuk taburan
  • 5 cabai hijau besar
  • 5 cabai merah, cincang
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Garam secukupnya
  • Merica untuk rasa
  • Gula secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Air untuk memasak daging

Cara membuat

  1. Kupas bawang merah dan iris tipis-tipis atau bisa menggunakan mesin pengiris bawang, setelah itu goreng hingga garing dan angkat.
  2. Rebus gilingan daging sapi selama 30 menit, angkat dan sisihkan. Jangan buang semua air rebusan.
  3. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan cabai hijau dan merah yang sudah dicincang, aduk kembali.
  4. Masukkan jagung muda dan wortel, aduk rata.
  5. Tambahkan daging rebus dan sedikit kaldu sapi, aduk rata.
  6. Tambahkan garam, merica, gula dan kaldu cincang. Tambahkan juga kecap manis dan saus tiram, aduk rata semua bahan sampai bumbu meresap sempurna, koreksi rasa.
  7. Taburi bawang goreng dan matikan api dan sajikan hangat.

 

Manfaat Daging Sapi Giling

1. Mengatasi anemia

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia, membuat orang lelah dan lemah. Daging giling sapi sendiri merupakan sumber yang kaya akan zat besi, sehingga efektif dalam meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah.

2. Peningkatan massa otot

Daging sapi giling membantu meningkatkan massa otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein daging sapi cukup tinggi, sehingga daging sapi baik untuk massa otot.

3. Meningkatkan kekebalan

Daging giling mengandung carnosine yang kuat untuk tubuh, sekitar 50% lebih banyak dari daging ayam. Carnosine adalah asam amino banyak terdapat di seluruh tubuh dan memainkan peran penting dalam kesehatan manusia. Plus, carnosine dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

4. Meningkatkan daya tahan

Daging giling dapat meningkatkan stamina saat berolahraga. Hal ini karena daging mengandung asam amino berupa carnosine yang bermanfaat untuk mendukung fungsi otot.

5. Pertahankan berat badan Anda

Daging membantu menjaga berat badan, meskipun memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan adanya asam linoleat terkonjugasi dan senyawa L-karnitin. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi suplemen L-karnitin dapat membantu menurunkan berat badan, yang mungkin lebih signifikan daripada kelompok non-makanan.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga bermanfaat dan silahkan dapat dicoba dirumah, terimakasih.

Pin It on Pinterest