Select Page

Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Para pembaca yang budiman semoga rahmat Allah senantiasa tercurah kepada kita semua Aamiin. Perlu dimaklumi bahwa Tauhid itu adalah hal yang sangat pokok dalam beragama, oleh karena itu secara singkat kami akan sampaikan satu matari singkat di sini menganai tauhid.

Tauhid Merupakan Perihal Penting Dalam Kita Ber’aqidah

Kata Tauhid menurut lughat itu artinya menunjukkan sesuatu hanya satu saja. Adapun menurut istilah Tauhid ialah mengi’tikadkan bahwa Allah satu-satunya yang berhak dan wajib diibadahi yakni disembah. Nah dari pengertian ini  bisa dimengerti bahwa ada banyak hal yang dijadikan sebagai sesembahan manusia. Maka bisa saja dia menyembah kepada yang selain Allah seperti menyembah kayu, mata hari bulan dan lain sebagainya. Oleh karena itu tentu sangat penting kita belajar tauhid agar kita tidak terjadi sampai mempersekutukan-Nya.

Manusia Diciptakan Tujuanya Adalah Agar Bertauhid

Saudaraku muslim dan muslimat sekalian yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala. Wajib hukumnya bagi kita ummat muslim untuk lebih mengutamaka Tauhid daripada yang lainnya. Keyakinan merupakan hal yang paling pokok dalam Tauhid. Mestinya kita menyerahkan segala ibadah itu hanya kepada Allah Ta’ala semata. Dan wajib meninggalkan segala bentuk ibadah kepada yang selain Allah. Karena jika tidak, maka itulah yang disebut dengan musyrik billah yakni mepersekutukan Allah.

Tujuan Manusia Ini Diciptakan

Apa sesungguhnya tujuan manusia ini diciptakan allah? Ya tentu saja tujuan utamanya manusia ini diciptakan Allah adalah untuk mengabdi kepada Allah. Artinya itu adalah untuk mentauhidkan Kepada Allah dalam beribadah. Sebagaimana yang telah ditegaskan Allah  tentang beramal sholih dalam Firman-Nya yang tertera dalam al-Qur’an Surat Al-Kahfi ayat 110.

Penting Dalam Tauhid

Ma’ayiral muslimin ‘afwakumullah. Penting sekali di dalam tauhid ini, meyakini bahwa Tuhan Pencipta dan Pengatur semesta alam itu hanyalah Allah. Sembahan Yang hak disembah yakni diibadahi juga hanyalah Allah Semata. Allah lah yang pasti hanya menerima amalan sholihnya orang-orang yang bagus tauhidnya. Dan perihal ini telah dinyatakan oleh Allah dalam firman-Nya di dalam al-Qur’an surat AL-Maidah ayat 27. Demikan materi singkat yang kami berikan semoga manfaat.

Kunjungi : https://www.fiqih.co.id/

Pin It on Pinterest