Select Page

Guna memberikan informasi bagi masyarakat ataupun pemustaka, tentunya diperlukan sebuah tempat atau ruang. Ruang atau tempat tersebut digunakan untuk meletakan fasilitas seperti lemari, komputer, dan rak beserta dengan bahan pustaka. Serta ruang atau tempat sebagai aktivitas pustakawan maupun pemustaka. Kebutuhan ukuran ruangan tersebut dapat disesuaikan dan diperkirakan dari orang yang dilayaninya, peralatan dan perlengkapan yang diperlukan, dan sifat aktivitas yang berlangsung pada masing-masing ruang atau tempat tersebut.

Ruang perpustakaan merupakan bangunan yang diperuntukan bagi para pemustaka perpustakaan. Sehingga untuk menghasilkan ruang perpustakaan yang nyaman dan ideal. Maka diperlukannya penataan ruang perpustakaan. Penataan ruang perpustakaan diharapkan dapat menciptakan suasana ruang atau tempat perpustakaan menjadi ideal dan juga nyaman. Selain ruang yang nyaman, sebaiknya perpustakaan juga dilengkapi sistem informasi perpustakaan, supaya pembaca mudah dalam mencari buku.

Menata Ruang Perpustakaan

Penataan ruang perpustakaan sangat diperlukan guna pengoptimalan semua kegiatan yang ada di perpustakaan baik dari aspek layanan ataupun guna kegiatan penyiapan seluruh sarana dan prasarana yang dapat mendukung layanan di perpustakaan. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka secara lengkap, fasilitas yang memadai tanpa adanya tata ruang baca yang baik maka akan membuat orang tidak tertarik dan enggan mengunjungi nya. Tanpa terkecuali dalam budaya digital yang terjadi sekarang ini. Ruangan yang nyaman dan ideal ialah salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya maupun petugasnya.

Oleh sebab itu, perlunya penataan ruang perpustakaan yang dirancang dengan sedemikian rupa. Contohnya dengan memperhatikan layout, perabotan, ruang baca dengan sirkulasi yang baik. Serta perlunya merancang mengenai masalah pengkondisian ruang ataupun lingkungan ruang perpustakaan.

Tata letak perabotan dalam perpustakaan juga menjadi bagian penting dalam perencanaan sebuah ruangan. Dalam mengelola tata letak ruangan perlunya untuk memenuhi kriteria secara fungsional dan estetika. Hal tersebut dilakukan supaya ruang perpustakaan dapat tercipta sebagai ruang yang nyaman, aman, teratur, mengasyikan dan menarik para pengunjung untuk datang berkunjung mengunjungi perpustakaan. 

Upaya yang perlu dilakukan guna mendapatkan ruang yang nyaman, aman, teratur, mengasyikan dan lain sebagainya. Maka anda perlu untuk memperhatikan dua hal berikut ini yakni :

  • Desain Tata Ruang

Desain tata ruang perpustakaan diarahkan guna mendapatkan hasil pembagian fungsi pada ruang, sirkulasi pada ruang, dan pengelolaan unsur pembentuk ruang.

Perpustakaan perlu untuk menyediakan ruang khusus. Ruang khusus tersebut digunakan sebagai ruang yang dapat memberikan indikasi bahwa ruang tersebut digunakan. Jalan masuk menuju ruang tersebut membentuk sebuah pola sirkulasi yang dapat membagi ruang menjadi zona-zona khusus.

Unsur pembentuk ruang seperti halnya kolom-kolom, lantai dan atap. Elemen tersebut diharapkan dapat memberikan bentuk pada bangunan, memisahkan dari bagian luar dan membentuk sebuah pola tatanan ruang interior. Mempunyai tujuan sebagai ruang atau tempat aktivitas, pengembangan elemen-elemen, dan modifikasi guna mempercantik ruang interior sehingga fungsi dan estetika dapat terpuaskan.

  

  • Pengkondisian ruang

Pengkondisian ruang terdiri dari pencahayaan, penghawaan dan akustik atau pengendalian bunyi. Penghawaan berhubungan dengan kelembaban dan suhu pada ruang. 

Kelembaban 45-60% dengan suhu 20-240 Celcius ialah kondisi yang ideal. Guna mengurangi kelembaban udara anda dapat menggunakan alat yang bernama dehumidifier. 

Pencahayaan pada ruang baca umumnya menggunakan pencahayaan alami hendaknya perlu disamarkan, jangan sampai langsung kena mata. Sehingga cahaya yang dirasakan hanya berasal dari hasil pantulan. Bagi ruang yang tidak mendapatkan cahaya alami, anda dapat mengatasi dengan membuat cahaya buatan dengan cara menggunakan pencahayaan lampu TL 40 yang dapat mendukung cahaya downlight.

Akustik atau pengendalian bunyi secara arsitektural mempunyai fungsi guna menciptakan suatu kondisi mendengar yang ideal apabila ruang dalam keadaan tertutup ataupun terbuka.

 

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai tata ruang perpustakaan yang ideal. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. 

Pin It on Pinterest