Select Page

Mungkin istilah ortodonti masih asing bagi sebagian orang. Seperti hal nya dokter umum yang memiliki spesialis anak atau tulang, profesi perawatan kesehatan gigi juga memiliki beberapa spesialisasi. Ortodonti merupakan salah satu spesialisasi dokter gigi yang khusus menangani estetika gigi seperti posisi gigi, rahang, dan wajah. Tugas seorang ortodontis adalah memperbaiki susunan gigi dan memastikan rahang sejajar. Hal tersebut penting dilakukan agar tidak mengganggu struktur wajah dan kegiatan mengunyah dapat dilakukan dengan baik.

Inilah Perbedaan Dokter Gigi dan Ortodontis

Kedua profesi tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama. Mungkin selama ini kamu masih bingung menentukan pilihan untuk pergi ke dokter gigi atau spesialis ortodonti, penjelasan di bawah ini akan membantumu.

Seorang dokter gigi biasanya melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan pada masalah gigi, seperti pencabutan gigi berlubang, penambalan gigi, atau pembuatan gigi tiruan. Seseorang yang merasa sakit pada gigi biasanya mendatangi dokter gigi, selanjutnya akan dilakukan proses pemeriksaan dan dokter akan memutuskan tindakan yang perlu dilakukan. Tindakan bisa dengan memberikan obat secara langsung atau dengan merujuk pasien ke dokter gigi spesialis. Selain itu, fungsi perawatan juga dapat dilakukan oleh dokter gigi, seperti pembersihan plak dan karang gigi.

Sedangkan ahli ortodonti biasanya khusus menangani pasien dengan keluhan susunan gigi yang tidak rata atau biasa disebut dengan Maloklusi. Masalah yang ditangani bisa dalam skala ringan ataupun berat. Gangguan lain yang dapat ditangani oleh dokter spesialis ortodonti adalah gigi berjejal, gigi berjarak, dan posisi rahang atas bawah yang bergeser. Perawatan biasanya akan dilakukan dengan prosedur pemasangan behel gigi. Namun pada kasus seirus biasanya akan dilakukan tindak pembedahan untuk memperbaikinya. Oh iya, perlu kamu tahu bahwa gelar spesialis ini didapatkan jika dokter gigi melanjutkan studi spesialis selama kurang lebih 3 tahun.

Kapan Perlu ke Dokter Gigi atau ke Ortodontis?

pasang behel dii kelapa gading jakarta

Jika kamu mengalami masalah pada gigi maka pastikan terlebih dahulu gangguan seperti apa yang kamu alami. Hal ini penting dilakukan agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan keluhanmu. Selain itu, kamu tidak banyak membuang waktu dengan pergi ke tempat yang tidak sesuai dengan masalah kesehatan gigi yang sedang kamu alami.

Ketika kamu merasa perlu memperbaiki susunan gigi maka sebaiknya pergi ke ahli ortodonti. Maloklusi bisa menjadi masalah serius lho jika tidak ditangani dengan baik. Masalah tersebut seperti kesulitan mengunyah yang akan berpengaruh pada sistem pencernaan kita. Dokter ortodonti biasanya akan menyarankanmu untuk melakukan pemasangan kawat gigi, merapikan gigi dengan invisalign (plastik bening khusus) ataupun teknik lainnya. Fungsi ini tak jarang juga dilakukan oleh dokter gigi umum, namun mungkin penanganan yang ditawarkan tidak selengkap ketika kamu pergi ke ahli ortodonti.

Jika keluhan masalah gigimu berkaitan dengan penyakit gigi dan rongga mulut, seperti gigi berlubang, maka kamu bisa datang ke dokter gigi untuk berkonsultasi. Selain ketika mengalami keluhan, kamu juga sebaiknya datang ke klinik gigi secara rutin, paling tidak setiap 6 bulan sekali agar dapat dilakukan deteksi sejak dini pada masalah gigi. Hal ini juga penting untuk dikenalkan pada anak, jika kamu adalah seorang ibu. Biasakan mengajak anak periksa rutin ke dokter gigi agar mereka terbiasa dan tidak merasa takut ketika dewasa.

Itulah beberapa perbedaan dokter gigi dan ortodontis yang perlu kamu ketahui. Oleh karena pentingnya kesehatan gigi, maka selalu perhatikan masalah yang mungkin muncul pada gigi. Lakukan pemeriksaan secara rutin demi kebaikan gigimu.  

 

Pin It on Pinterest