Select Page

Proses pendistribusian bahan produksi oleh perusahaan biasanya ditangani oleh bagian warehouse/gudang. Jika dalam perusahaan yang besar, barang yang disimpan di dalam warehouse pasti sangatlah banyak.

Untuk mengatasi agar barang bisa tertata dan tersalurkan dengan baik, dibutuhkan warehouse management. Apa itu warehouse management, mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Pengertian warehouse management

Pengertian Warehouse management System yang dapat diartikan manajemen gudang merupakan proses pengelolaan barang produksi yang disimpan dalam suatu gudang. Penyimpanan barang pada warehouse ini berkaitan dengan rantai pasokan logistik yang akan disalurkan ke berbagai proses produksi.

Mulai dari bahan mentah, bahan setengah jadi hingga bahan yang sudah jadi atau selesai di produksi dan akan disalurkan ke luar gudang perusahaan.

Jadi untuk apa warehouse management? Warehouse management memegang kuasa atas barang produksi yang disimpan meliputi beberapa proses, diantaranya proses pengiriman barang, penerimaan barang, pergerakan, hingga pengambilan barang.

Warehouse management system saat ini sudah didukung dengan teknologi canggih yang lebih mumpuni dan optimal dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan begitu, sistem manajemen ini bisa membantu untuk mengawasi setiap pergerakan barang yang masuk dan barang keluar, karena pengawasan dengan menggunakan sistem akan memberikan kemudahan pengelolaan dan menjadi nilai tambah, apa saja? Simak sebagai berikut.

  • Memberikan informasi persediaan suatu barang kepada divisi perencanaan produksi atau pengiriman dengan tujuan agar persediaan barang masih pada titik yang aman.
  • Nilai selanjutnya adalah penempatan barang yang memang sudah ditentukan oleh sistem. Dengan demikian, hal tersebut akan memudahkan untuk menyimpan, mengambil sampai dengan perhitungan stok barang.
  • Mengurangi lead time dari berbagai aktivitas penyimpanan barang serta pengiriman barang yang tersedia sebagai informasi mengenai level barang.

pengertian warehouse management system

Tujuan warehouse management

Seluruh proses manajemen yang dilakukan pada tiap-tiap bidang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitu pula pada warehouse management yang memiliki tujuan untuk mengendalikan lalu lintas barang produksi yang masuk dan keluar gudang.

Hal ini bertujuan agar proses manajemen lebih optimal, tenaga yang bekerja didalamnya juga perlu mencatat stok barang yang ada di dalam gudang yang nantinya bisa diintegrasikan ke bagian produksi yang lain.

Manfaat warehouse management

Ada beberapa manfaat dari penerapan warehouse management di suatu perusahaan. Yang mana manfaat tersebut sangat menguntungkan baik bagi pekerja maupun perusahaan. Berikut manfaat dari warehouse management.

  • Mampu menangani seluruh proses pendistribusian dan penyimpanan barang pasokan dengan cepat. Yakni dengan menggunakan bantuan pengelolaan manual dan sistem software WMS.
  • Dapat mengetahui proses pasokan barang persediaan dengan cepat dan perhitungan stok barang yang akurat, dimana dapat diakses secara realtime.
  • Menerapkan sistem FIFO (first in first out) pada proses pendistribusian barang masuk dan barang keluar gudang.

Kegiatan Warehouse Management System

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang sering dilakukan oleh divisi warehouse, sebagai berikut.

Kegiatan Administrasi

Kegiatan pengeluaran dan pemasukan dana seluruhnya diatur dalam aktivitas administrasi yang nantinya akan memudahkan Perusahaan dalam memproduksi barang.

Penerimaan Barang

Menerima barang yang sudah diatur sepenuhnya dengan tujuan agar bisa melihat seberapa besar dana dan barang yang sudah didapatkan oleh Perusahaan.

Penyimpanan Barang 

Ketika terdapat barang yang masuk kedalam warehouse, misalnya seperti sayuran yang nantinya akan disimpan kedalam freezer dengan tujuan untuk menjaga kualitas sayuran tersebut.

Packing Barang

Aktivitas selanjutnya adalah packing barang ke tempat yang sudah ditentukan atau dituju. Pada tahap ini Anda harus selalu memastikan bahwa barang yang dipacking sudah dalam kondisi yang aman dan siap untuk dikirim ke lokasi yang sudah ditentukan.

Pengeluaran Barang

Barang yang keluar harus tercatat dengan rapi pada tahap pengeluaran barang. Hal ini dilakukan agar warehouse selalu dalam keadaan yang tertib dan juga efisien.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu warehouse management. Sebagai langkah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja di dalam gudang, dibutuhkan adanya warehouse management.

Hal ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan perusahaan agar proses penyaluran barang produksi bisa terkendali dengan baik.

Source : Majapahit Teknologi

Pin It on Pinterest