Select Page

Profesi adalah suatu istilah yang merujuk pada suatu keahlian khusus, yang tentunya memiliki ciri tersendiri. Langsung saja yuk kita simak penjelasan mengenai profesi. Berikut penjelasannya:

Pengertian Profesi & Syaratnya

Berikut penjelasan mengenai profesi.

Pengertian Profesi

Istilah profesi ini berasal dari bahasa Inggris yakni "profession" yang berarti  mampu atau ahli dalam bidang tertentu. Sehingga profesi diartikan sebagai suatu pekerjaan yang memerlukan keahlian tertentu baik itu dari segi pendidikan yang harus tinggi, menjurus, kemudian mental yang mumpuni serta kepribadian dan perilaku yang profesional.

Adapun profesi secara umum berarti suatu pekerjaan yang membutuhkan ilmu pengetahuan yang mumpuni serta keterampilan yang khusus, yang didapat karena pelatihan maupun pendidikan sehingga dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

seseorang yang memiliki keahlian tertentu dalam bidangnya biasanya disebut dengan profesional. Contohnya adalah dokter, arsitek, pengacara, akuntan, desainer dan lain sebagainya.

Pengertian Profesi Menurut Para Ahli:

Ada banyak para ahli yang ikut serta dalam mengemukakan pendapat mengenai arti dari profesi, berikut penjelasannya:

1. Morris L. Cogan

Profesi adalah suatu bentuk keterampilan khusus yang dipraktikkan berdasarkan teori dari ilmu pengetahuan.

2. Everett Hughes

Profesi adalah suatu pekerjaan yang bergerak dalam bidang tertentu dimana seorang profesional memiliki keahlian lebih dibandingkan seseorang yang merupakan kliennya atau muridnya.

3. Peter Jarvis

Profesi adalah suatu pekerjaan yang sesuai dengan ilmu intelektual maupun adanya  pelatihan khusus yang bertujuan untuk menyediakan suatu pelayanan kepada orang lain (masyarakat luas) dengan adanya upah tertentu.

4. Dedi Supriyadi

Profesi adalah suatu pekerjaan atau jabatan yang memiliki kemampuan dan keahlian secara khusus, dapat bertanggung jawab serta memiliki komitmen dan kesetiaan terhadap pekerjaannya tersebut.

5. Edgar Henry Schein

Profesi adalah suatu pekerjaan yang dapat membangunkan sebuah aturan yang sangat khusus yang diperoleh dari peran khusus dalam masyarakat.

6. Doni Keosoema

Profesi adalah suatu pekerjaan yang berbentuk sebagai jabatan dalam hierarki birokrasi, dimana seseorang tersebut harus mempunyai keahlian yang mumpuni, etika khusus serta dapat memberikan pelayanan yang baik dan baku kepada masyarakat luas.

Syarat Profesi

Adapun syarat dari profesi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai pengetahuan secara khusus di bidang tertentu.

2. Mengimplikasikan berbagai kegiatan intelektual.

3. Harus memiliki kesiapan yang sangat matang, bukan hanya sekedar latihan saja.

4. Sangat mengutamakan kepentingan masyarakat umum dibandingkan dengan pribadi.

5. Adanya latihan yang berkesinambungan.

6. Memiliki kode etik atau standar yang baku dalam pekerjaannya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Profesi & Syaratnya. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Pin It on Pinterest