Select Page

Penggunaan sistem ERP memang sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja di suatu perusahaan. apalagi di zaman sekarang yang segala sesuatu tindakan harus dilakukan secara cepat untuk menghemat waktu.

Karena itulah ERP dikembangkan menggunakan software yang terintegrasi. Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu ERP dan fungsinya untuk diterapkan pada bisnis perusahaan.

Pengertian ERP

Apa itu ERP? ERP adalah kepanjangan dari Enterprise Resource Planning yang merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang berfungsi untuk mengelola seluruh sumber daya untuk kebutuhan Perusahaan.

Dengan demikian, kehadiran ERP ini akan memberikan dampak positif untuk Perusahaan dari berbagai aspek misalnya seperti marketing, manajemen customer, keuangan dan lain sebagainya. Sehingga seluruh aspek tersebut dapat berkesinambungan dengan baik dengan tujuan agar terhindar dari anomaly data.

Lalu, apa sih kira-kira fungsinya ERP pada Perusahaan? Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Fungsi ERP Pada Perusahaan

Software ERP menjadi salah satu teknologi yang sudah dikenal sejak lama. Ya, ERP sudah ada sejak tahun 1960-an dimana Perusahaan memiliki keinginan untuk dapat meningkatkan daya saing.

Pengertian erp dan fungsinya pada Perusahaan

Namun, dengan seiring berjalannya waktu, perangkat lunak ini semakin bagus dan mulai dikenal secara luas serta menjadikan sebuah sistem yang tentu saja memiliki banyak sekali fungsi manajemen dan operasional.

Di bawah ini adalah fungsi ERP pada Perusahaan, sebagai berikut.

Peningkatan performa bisnis perusahaan

Apa itu ERP dan fungsinya yang pertama adalah ERP dapat membantu meningkatkan performa bisnis perusahaan. Pada dasarnya, mengelola pekerjaan menggunakan sistem manajemen sangat membantu untuk meningkatkan kinerja baik bagi karyawan maupun perusahaan. Hal ini juga terjadi pada penggunaan sistem ERP yang dapat meningkatkan performa bisnis perusahaan agar bisa lebih baik lagi.

Peningkatan sistem keamanan data perusahaan

Kemungkinan dalam aktivitas kerjanya, perusahaan banyak menyimpan berbagai data penting untuk dikelola. Data tersebut pastinya akan disimpan di tempat yang sangat aman, namun risiko kebocoran atau kehilangan data bisa saja terjadi.

Salah satu fungsi ERP yakni dapat meningkatkan sistem pengamanan data perusahaan. Hal tersebut juga didukung dengan sistem ERP yang aman dan terpercaya.

Dapat menghemat biaya

Penggunaan ERP pertama kali untuk diterapkan pada perusahaan pastinya memerlukan modal yang cukup besar. Namun setelah diterapkan, proses kerja dapat terlaksana dengan cepat, sehingga terjadi peningkatan keuntungan yang diterima perusahaan.

Hal tersebut bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan pengembangan software bagi tiap-tiap modul setiap waktunya. Karena pada dasarnya, penggunaan ERP lebih efektif untuk menekan anggaran operasional kerja.

Dapat memperbaiki proses planning dan manajemen

Bagi tiap-tiap perusahaan yang menerapkan ERP sebagai sistem manajemennya, hal tersebut menjadi salah satu contoh bahwa perusahaan telah mengambil langkah yang tepat dari perencanaannya.

Proses lebih lanjut setelah menggunakan ERP, planning dan manajemen pada tim-tim bagian akan lebih terarah. Sehingga proses penentuan strategi perusahaan bisa menjadi lebih baik dibantu dengan data-data yang telah terintegrasi.

Keamanan Data Semakin Meningkat

Fungsi ERP berikutnya adalah dapat mengontrol pembatasan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti pelanggan penggunaan data. Seluruh data terpusat akan tersimpan dengan baik dan ketat. Oleh karena itu, keamanan data-data perusahaan pun akan terjaga dengan sangat baik. Selain itu, Admin pun bisa mengatur role-role tertentu untuk bisa mengatur peraturan dalam mengakses data.

 

Penutup

Demikian pembahasan mengenai apa itu ERP dan fungsinya. Fungsi-fungsi diatas sudah sangat melekat pada penerapan sistem ERP sendiri. Sehingga bagi perusahaan sangat disarankan untuk menerapkan ERP untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja  di berbagai tim bagian pada perusahaan.

Source : Majapahit.id

Pin It on Pinterest