Select Page

Sebuah komputer memang digunakan sebagai pengolah suatu data atas perintah yang telah diberikan oleh penggunanya. Dalam memproses perintah, tentu banyak sekali jalur yang harus dilewati sehingga bisa mencapai hasil output yang diinginkan. Ya, komputer dapat memberikan penggunanya memudahkan berbagai pekerjaan, termasuk bermain sebuah permainan!

Tentu, arsitektur komputer sangat berperan pada untuk mempermudah semua urusan penggunanya. Sederhananya, jenis arsitektur ini merupakan sebuah konsep perencanaan dan juga sebuah struktur mendasar dalam pengoperasian suatu komputer, dimana terdapat pola penyusunan hardware yang tepat dan optimal, sehingga komputer dapat bekerja dan mengenali perintah yang diberikannya.

Terdapat empat bagian arsitektur pada umumnya, yakni Arithmetic Logical Unit (ALU), control unit, memori, input dan output. Empat bagian tersebut akan bekerja sama untuk menyelesaikan perintah yang diberikan kepada komputer oleh penggunanya. Selain arsitektur pada komputer, ada arsitek bangunan lain seperti rumahklasik.com/id yang menawarkan desain klasik namun modern. Sebagai jasa arsitek kenamaan, Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Berbagai Jenis Arsitektur Komputer

Sama seperti arsitektur pada umumnya, dimana arsitektur hunian tempat tinggal memiliki konsep dan desain sendiri-sendiri, seperti desain kontemporer ataupun desain farm house; arsitektur komputer juga memiliki berbagai jenis yang ada di seluruh belahan dunia. Ya, jika arsitektur mencakup sebuah perencanaan dalam membangun sebuah bangunan, sebuah komputer juga memiliki rancangannya sendiri-sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan arsiteknya. Membuat beragam konsep dan desain arsitektur akan memberikan kemudahan tersendiri untuk penggunanya. Jenis arsitektur yang terdapat pada komputer yakni antara lain:

1. MISD Computer

Komputer multiple instruction single data adalah salah satu jenis arsitektur komputer yang memiliki sebuah fungsi untuk mengeksekusi berbagai perintah dan data dengan menggunakan lebih dari satu prosesor

2. MIMD Computer

Komputer multiple instruction multiple data adalah komputer yang mampu mengeksekusi berbagai perintah yang sangat banyak dengan menggunakan prosesor yang paralel.

3. SISD Computer

Komputer single instruction single data ini hampir sama dengan komputer MISD, yang membedakan hanyalah penggunaan satu prosesor saja.

4. SIMD Computer

Komputer single instruction multiple data yaitu adalah komputer yang dirancang dengan banyak prosesor dan disambungkan secara paralel namun dengan kendali yang terpusat.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai arsitektur komputer sehingga menciptakan berbagai komputer yang beragam jenisnya. Jenis komputer akan memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda.

Pin It on Pinterest