Select Page

Liburan memanglah menjadi salah satu hal yang banyak disukai orang, bahkan liburan pun banyak manfaatnya sendiri. Liburan biasanya merujuk ke tempat destinasi yang menarik dan mengagumkan seperti pantai, pegunungan, dan tempat-tempat unik lainnya. Biasanya orang-orang berlibur ke tempat-tempat wisata, bahkan ke luar negeri, mereka pastinya menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, kereta, dan lainnya.

Namun, pernah nggak kalian berpikiran untuk menjelajahi tempat-tempat di dunia hanya dengan menggunakan transportasi pribadi? Nah, pastinya kalian terheran bukan? Bagaimana cara kesananya? Apakah tidak ada kendala di jalan atau saat di luar negeri? Yah, pastinya orang-orang berpikiran begitu. 

Namun, berbeda dengan orang-orang yang satu ini. Mereka mengelilingi dunia hanya dengan menggunakan transportasi pribadi miliknya. Apakah kalian tertarik untuk mengetahuinya? Simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

1. Yana dan Teddy

Orang-orang yang pernah berkeliling dunia pertama adalah pasangan suami-istri Yana dan Teddy. Pasangan yang satu ini mengelilingi dunia dengan mengunjungi berbagai pantai di setiap negara.

Mereka mengelilingi dunia hanya dengan menggunakan mobil Fortuner buatan tahun 2011. Pemandu perjalanan mereka hanyalah sebuah Google Maps untuk menjelajahi berbagai tempat yang ingin dikunjungi.

Wilayah yang telah mereka jelajahi pada saat itu yaitu Eropa dan hanya menggunakan plat nomor Indonesia. Bahkan biaya yang mereka gunakan menggunakan uang pribadinya (tanpa sponsor), dan total yang telah digunakan sekitar 1,5 Miliar.

2. Journey of Wonder Family

Jika yang sebelumnya sebuah pasangan suami-istri, kali ini adalah sebuah keluarga yang telah berkeliling dunia dengan menggunakan mobil Pajero Sport. Sebuah keluarga yang terdiri dari pasangan Eelco Koudjis dan Iyel Koudjis bersama kedua anaknya Raneeshya dan Tyo. 

Keluarga ini mengelilingi dunia selama 11 bulan menggunakan kendaraan roda empat, Mitsubishi Pajero Sport dan sudah berhasil menjelajahi sekitar 34 negara di dunia. Perjalanan tersebut dimulai dari tahun 2018 dan tentunya dengan persiapan yang sangat matang.

34 negara yang berhasil di jelajahinya yang dimulai dari Malaysia, dilanjut benua Asia, Eropa, dan Afrika. Bahkan Vryedta Ilfia Koudijs mengungkap bahwa perjalanan berkeliling dunia merupakan mimpi mereka.

3. Jeffrey Polnaja

Orang yang pernah berkeliling dunia selanjutnya adalah Jeffrey atau yang sering dikenal dengan Kang Jeje. Kang Jeje ini lahir di Bandung, 18 Juni 1962. Bahkan disebut-sebut sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil berkeliling dunia hanya dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

Kang jeje ini memulai kisah perjalanannya keliling dunia dalam 9 tahun yang dimulai tahun 2006 hingga 2015. Kang Jeje ini memiliki misi tersendiri yaitu Ride for Peace, bahkan ia telah berhasil menjelajahi sekitar 97 negara dengan jarak yang ditempuh sekitar 420.000 kilometer.

Kisah perjalanan kang jeje ini dimulai dari tahun 2006 dengan lokasi pertama yang dituju adalah Asia, dilanjut Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. Di tahun 2012, perjalanannya dilanjut kembali dengan destinasi awal ke Belgia, dilanjut Siberia, Amerika, Alaska dan ujung selatan Amerika Selatan.

4. Hakam Mabruri & Rofingatul Islamiah

Orang yang pernah berkeliling dunia terakhir adalah Hakam dan Rofingatul. Hakam dan Rofingatul merupakan sebuah pasangan yang berasal dari malang dan berhasil mengelilingi dunia hanya dengan bermodalkan Sepeda dengan jenis sepeda tandem

Kisah perjalanan tersebut dilakukan dengan tekad misi menyebarkan perdamaian dunia, "Holy Journey Cycling Trip". Perjalanan mereka dimulai dari Malang, dan direncanakan akan berakhir di Kairo, Mesir. 

Kisah perjalanan tersebut dimulai dari tanggal 15 Desember 2016, dengan menjelajahi 9 negara di Asia dan dengan rencana akan menempuh jarak sekitar 6.755 kilometer.

Pin It on Pinterest