Select Page

Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan materi tentang manfaat air kelapa muda bagi kesehatan. Air kelapa muda juga bisa dibuat menjadi olahan es kelapa muda, tapi sebelum itu simak penjelasan berikut.

Air Kelapa

Air kelapa ialah cairan yang terdapat di dalam buah kelapa. Air kelapa sudah lama menjadi minuman yang cukup terkenal di daerah tropis, khususnya di Pesisir Brasil, India, Kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, Caribbean, dan Afrika.

Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan

1. Menu Diet

Kandungan lemak dan kalori yang terdapat pada air kelapa termasuk rendah, sehingga Anda tak perlu khawatir berat badan bertambah saat makan. Selain dari itu, air kelapa juga mampu menjadi sumber energi karena kandungan karbohidratnya yang sederhana dan bisa langsung dicerna oleh tubuh. Untuk manfaat yang terbaik, silahkan konsumsi air kelapa murni tanpa tambahan gula. Batasi takaran saji saat makan ya!

2. Mengatasi Keluhan Saluran Cerna

Lalu manfaat air kelapa bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi beragam gangguan pencernaan seperti diare, mual atau muntah. Air kelapa bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut, lho! Dalam air kelapa terkandung elektrolit, sehingga juga dapat berguna membantu memulihkan cairan tubuh yang hilang akibat masalah pencernaan.

3. Mencegah Dehidrasi

Air kelapa lebih efektif untuk mencegah dehidrasi dibandingkan minuman energi dan minuman isotonik. Air kelapa mengandung 1,3 g gula alami per 200 ml dan 61 mg kalium. Sedangkan kandungan kalium yang terdapat pada minuman isotonik dan minuman energi hanya setengahnya, yaitu sekitar 5 kali lipat dari pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dimuat di salah satu jurnal medikal india menjelaskan, bahwa penderita hipertensi yang secara rutin mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan tekanan darah. Hal tersebut memberikan kemungkinan bahwa air kelapa dapat berguna dalam mengobati penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi.

5. Meredakan Mabuk Akibat Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat mengakibatkan mabuk dan pusing. Dengan mengonsumsi air kelapa keadaan tersebut bisa dinetralkan. Air kelapa tak mengakibatkan mual atau kembung daripada air putih biasa. Hal ini bisa berguna dalam membantu meredakan rasa tak nyaman akibat mabuk alkohol.

 

Cara Membuat Es Kelapa Muda

1. Es Kelapa Muda Smoothies

Bahan-bahan

  • Kelapa muda 2 buah yang sudah dikupas dengan mesin pengupas kelapa muda
  • 1 cangkir stroberi, ukuran cangkir sekitar 240 ml
  • 1 cangkir plain yogurt
  • Es batu secukupnya yang sudah dibuat dengan mesin es batu

Cara Membuat

  1. Langkah pertama masukkan air dan buah kelapa muda beserta buah stroberi dan juga es batu ke dalam blender, lalu blender sampai cukup halus.
  2. Masukkan plain yogurt ke dalam blender, kemudian blender kembali hingga seluruh bahan benar-benar halus.
  3. Tuang ke gelas yang sudah disiapkan.
  4. Es kelapa muda smoothie siap dihidangkan.

 

2. Es Kelapa Muda Jeruk

Bahan-bahan

  • Kelapa muda 2 buah, dikeruk dagingnya lalu ambil airnya
  • Madu murni 100 gram
  • Jeruk peras 5 buah
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuat

  1. Pertama peras jeruk hingga mendapatkan air atau sarinya, lalu taruh di dalam gelas.
  2. Tambahkan madu dan aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan air beserta daging buah kelapa ke dalam gelas yang sudah diisi jeruk dan madu, lalu aduk hingga rata.
  4. Tambahkan es batu juga ke dalam gelas yang sudah disiapkan, terakhir es kelapa muda jeruk sudah siap untuk disajikan.

 

Itulah berbagai manfaat baik air kelapa untuk tubuh dan juga olahan es kelapa muda. Sekian artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Pin It on Pinterest