Select Page

Bagi Anda para pecinta ikan hias, tentunya sudah familiar dengan ikan hias Oscar. Ikan jenis ini merupakan salah satu ikan hias yang dikenal langka dan juga mahal namun masih menarik dan banyak digemari untuk dijadikan sebagai ikan hias.

Dengan corak warnanya yang unik, menjadikannya daya pikat untuk dipelihara. Pada umumnya ikan Oscar ini mempunyai warna dasar hitam dengan corak tambahan berwarna di bagian tubuhnya seperti warna merah, kuning dan orange. Namun selain mempunyai warna dasar hitam, ikan ini mempunyai warna dasar berwarna putih yaitu spesies Oscar Albino.

Ikan ini panjang tubuhnya bisa mencapai sampai 35 cm, namun pada umumnya beberapa ikan ukurannya hanya mencapai 3 cm. Ikan ini mempunyai beberapa jenis yang didapatkan dari hasil persilangan dari beberapa varian seperti lemono Oscar. Berikut beberapa jenis ikan oscar yang paling banyak untuk dipelihara:

Ikan Oscar Red

Ikan jenis ini merupakan ikan yang pada umumnya sering diperjual belikan di pasar ikan hias. Dengan warna merah yang menjadi daya tariknya yang menyebabkan ikan ini disebut ikan oscar red.

Ikan Oscar Albino

Ikan Oscar Albino

Jenis ikan ini mempunyai ciri khusus dengan sisik putih yang mengkilap dan juga ditambah dengan warna beludru yang indah. Pada umumnya ikan ini berwarna dasar putih, namun ada juga yang ditemukan dengan kombinasi warna antara merah dan orange.

Ikan Oscar Tiger’

Jenis ikan ini mempunyai warna merah, orange dengan warna dasar coklat atau berwarna abu-abu. Jenis ikan ini berkembang biak dengan cara yang alami sehingga baik untuk dipelihara. Ikan Oscar tiger ini dianggap sebagai ikan oscar yang asli.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias oscar ini, anda bisa membelinya dengan harga yang beragam, tergantung dari jenis dan juga ukuran ikannya. Pada umumnya di pasaran harga ikan ini dijual dengan kisaran harga Rp.50.000 sampai dengan Rp.100.000 untuk ukuran 15-20 cm. sedangkan untuk ikan yang masih kecil bisa didapatkan dengan harga Rp.5.000 sampai Rp.10.000.

Itu dia beberapa jenis ikan oscar yang bisa Anda pelihara di rumah, yang bisa dijadikan sebagai salah satu relaksasi dan penghilang stress.

Pin It on Pinterest