Select Page

Melestarikan lingkungan hidup memang sangat penting dilakukan untuk membangun suatu daerah yang di dalamnya terdapat sistem kehidupan, makhluk hidup, dan unsur lainnya yaitu udara, air dan tanah.

Di kota besar masalah pada lingkungan menjadi salah satu masalah yang sulit untuk diatasi seperti pencemaran, air dan tanah. Pencemaran ini terjadi karena alih fungsi dari lahan hijau yang dijadikan bangunan. Sejatinya pencemaran terjadi karena tingkah dari manusia yang tidak memperhatikan kelestarian alam sekitar.

Terjadinya pembakaran hutan, pembuangan sampah bukan ke tong sampah 3 warna dan pembuangan limbah ke sungai dan laut, pembuangan asap pabrik langsung ke udara, menjadi salah satu contoh yang menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan.

Padahal pencemaran lingkungan akan sangat mengganggu ekosistem yang ada di dalamnya dan bisa menyebabkan bencana alam. Maka dari itu, diperlukan adanya edukasi untuk pelestarian lingkungan hidup.

Edukasi tentang pelestarian lingkungan memang sangat penting dilakukan oleh pemerintah. Bukan hanya pada masyarakat saja, tapi pada pendidikan lingkungan hidup hendaknya diterapkan sejak dini.

Untuk anak-anak, pendidikan lingkungan hidup bisa dilakukan dengan cara mengajak mereka untuk menanam pohon, dengan cara ini bisa memberikan stimulasi pentingnya menanam pohon. Sedangkan pada masyarakat lainnya bisa dengan melakukan beberapa cara berikut ini :

Melakukan sosialisasi

Sosialisasi yang dibahas bisa tentang pengelolaan DAS atau daerah aliran sungai yang fungsinya menerima, menyimpan, dan kemudian mengalirkan air melalui sungai. Jika dikelola dengan baik bisa meningkatkan pengelolaan lahan pertanian yang kering, sehingga bisa menambah penghasilan untuk petani.

Selain itu, bisa juga tentang pengelolaan sampah yang bisa dijadikan barang produktif dan memiliki nilai jual jika dilakukan pengelolaan dengan benar. Pengelolaan sampah bisa dilakukan dengan melakukan proses daur ulang yang merupakan proses mengubah suatu barang bekas menjadi barang baru. Proses dari daur ulang ini ialah pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, distribusi, dan pembuatan produk.

Manfaat yang akan didapatkan dari sosialisasi ini ialah masyarakat bisa jadi lebih peduli kepada lingkungan. Kesadaran untuk melestarikan lingkungan memang harus dimulai dari diri sendiri sehingga bisa menularkan pada yang lainnya.

Pin It on Pinterest