Select Page

Sistem pertanian aeroponik sendiri merupakan cara bercocok tanam yang memanfaatkan lahan sempit untuk mendapatkan hasil terbaik tanpa media tanah, atau sesuai namanya yaitu udara. Untuk akarnya dibiarkan tumbuh menggantung.

Fakta Menarik dari Sistem Pertanian Aeroponik

Sistem tanam tersebut memang terlihat sedikit aneh namun dari hasilnya sendiri terbukti berkualitas unggul. Sebenarnya aeroponik juga tetap memerlukan air, namun pemberiannya hanya dengan disemprot pada akar yang menyembul. Berikut ini beberapa keuntungannya:

1. Lebih Mudah Dipanen

Saat akan melakukan panen tanaman dengan sistem ini tentu Anda sudah mempelajari tata caranya, karena tidak menggunakan media tanam berupa tanah, jadi akan lebih mudah dan sangat cepat. Selain itu bisa memilih mana yang masih terlalu muda atau pas untuk dipetik.

Terkait kualitas Anda tidak perlu khawatir karena jauh lebih tinggi dibanding lainnya. Kadar oksigen yang tinggi membuatnya melakukan proses fotosintesis lebih optimal, dengan begitu kandungan gizinya bisa mencukupi kebutuhan tubuh.

2. Hasil Panen Tergolong Tinggi

Meski tidak menggunakan media tanam berupa tanah, namun hasil panen tergolong banyak. sebagai contoh ada tanaman kentang yang berhasil panen sekitar 2,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan bisanya. Perlu diperhatikan saat akan mengembangkannya sebaik pahami terlebih dahulu tata caranya.

Tahapan setelah pembuahan yang harus dilakukan adalah penyemaian, yaitu setiap atau tumbuhannya ditaruh pada rockwool yang sudah tersedia satu-persatu. Selanjutnya adalah disimpan pada ruangan gelap agar cepat tumbuh..

3. Pembudidayaan Tanaman Aeroponik Memerlukan Keterampilan

Tidak semua orang bisa membudidayakan sistem pertanian aeroponik arena memiliki tingkat kesulitan terbilang tinggi. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu pada platform online, namu pastikan deng literatur terpercaya.

Selain belajar secara teori cobalah untuk menerapkannya dengan praktek langsung, tidak usah dalam takaran besar  namun sedikit terlebih dahulu. Pilih tanaman yang mudah dikembang biakkan bisa jenis sayuran, buah, atau umbi-umbian.

 

Demikian penjelasan terkait sistem pertanian aeroponik yang bisa menjadi pembanding jika nantinya akan menerapkannya. Sebelum mencoba, pastikan sudah mempelajari literatur yang bisa dijadikan rujukan yang valid untuk menjamin keberhasilan.

Sumber lengkap : https://berkebun.co.id/

Pin It on Pinterest