Select Page

Sosial media sudah menjadi teman terdekat kalangan remaja. Mereka sudah melupakan hubungan sosial secara langsung atau mungkin sekarang sudah saatnya kita menyebutnya hubungan sosial offline. Hubungan sosial offline bagi kalangan orang yang “bersahabat” dengan sosial media dianggap kuno dan kurang trendy. Padahal dengan sosial media, mereka dapat mengekspresikan diri lebih baik dan lebih dapat diterima secara sosial. Dalam bayangan mereka, sosial media adalah cara bersosial yang baru dan modern. Padahal sosial media sangatlah kurang dari segala aspek. 

Sosial media menjadi jembatan bagi segala informasi namun kurang dalam hal interaksi. Sehingga salah satu masalah yang dialami oleh masyarakat modern saat ini adalah masalah sosial atau masalah membina hubungan antar manusia. 

Ini diawali era industri dimana orang sibuk bekerja ketimbang bersosial dan di era informasi ini orang masih sibuk bekerja dan bersosial hanya lewat smartphone mereka. Kalangan remaja tak luput dari disrupsi besar era informasi ini. Bahkan merekalah yang paling besar merasakan dampak yang ditimbulkannya. 

Kita semua dapat mengamati sendiri bagaimana remaja mengalami perubahan signifikan dalam segala aspek kehidupan. Remaja dahulu banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan teman sebaya namun kini, remaja menghabiskan waktu di sosial media dan dipenuhi khayalan yang sangat tidak realistis di dunia nyata. 

Maksudnya adalah kini derajat status seseorang dinilai dari seberapa pengaruh mereka di dunia maya dan semakin seseorang memiliki pengaruh yang besar di sosial media, maka semakin besar juga tingkat respek yang seseorang berikan. Sebagian orang berlomba-lomba untuk menjadi selebgram dengan memamerkan kenikmatan hidup mereka yang sebetulnya kepalsuan yang dipamerkan di hadapan kamera. 

Banyak remaja yang mengikuti hal ini dan akibatnya mereka menjadi semakin stres. Stres yang dialami remaja yang kecanduan sosial media diakibatkan oleh hubungan sosial offline yang rusak, tujuan hidup yang sirna. Efek buruk sosial media terhadap remaja sangat terlihat di sekitar kita dan kini kita sendiri dapat melihatnya dengan jelas.

 

Sumber: www.pojoksosmed.com

Pin It on Pinterest