Select Page

Di negara kita tercinta ini sumber daya alam adalah hal yang cukup mudah kita temukan. Entah itu bambu, rotan maupun dedaunan. berbagai macam sumber daya alam itulah yang bisa kita manfaatkan untuk membuat kerajinan maupun perhiasan.

Biasanya produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia sendiri sangatlah kreatif dan unik, maka dari itu banyak warga asing maupun lokal yang suka akan kerajinan alam buatan Indonesia.

kerajinan dari bahan alam

Kerajinan alam sendiri dapat terbuat dari berbagai bahan alam yang kita temui di sekitar kita seperti tanah, bambu, rotan dan lainnya. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada sebaik mungkin.

Sampai saat ini kerajinan alam juga salah satu mata pencaharian bagi masyarakat lho. Dan tentunya jika mau membuat kerajinan alam ini kita harus mempunyai keahlian dan keterampilan.

Sehingga dapat mengolah bahan seperti tanah, bambu dan lainnya menjadi suatu kerajinan alam yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

Nah di sini saya akan sedikit menjelaskan mengenai beberapa contoh kerajinan dari bahan alam yang mudah kamu buat.

Selain itu kamu juga bisa membaca informasi mengenai tentang pencegahan banjir, pohon, dan manfaat alam bagi manusia dengan mengunjungi https://alamalami.com/ lho.

Berikut Di bawah Ini Beberapa Contoh Kerajinan Dari Bahan Alam Yang Mudah Dibuat

  1. Kerajinan Celengan

Yang pertama yaitu kerajinan celengan, bagi kamu yang waktu kecil sampai saat ini masih suka menabung pasti tidak asing lagi dengan yang namanya celengan.

Ya kerajinan celengan ini sendiri terbuat dari tanah liat. Biasanya untuk membuat kerajinan celengan ini masyarakat masih menggunakan cara yang tradisional yaitu dengan tangan.

Sifat tanah yang mudah di bentuk ataupun elastik tentu sangat memudahkan bagi orang yang mau membuat kerajinan tanah ini sendiri.

2. Kerajinan dari pelepah daun pisang

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari pelepah pisang ini. Padahal pelepah pisang ini juga bisa kita manfaatkan untuk berbagai macam kerajinan lho.

Pelepah pisang dapat dijadikan berbagai kerajinan di tangan orang kreatif maupun yang mempunyai keahlian untuk membuat kerajinan.

Contoh kerajinan dari bahan pelepah pisang ini adalah tempat tisu, tempat pensil dan lainnya.

Bahkan pada zaman saat ini masih banyak orang suka membakar pelepah pisang ini padahal daripada membakarnya kan dapat di gunakan sebagai kerajinan alam yang dapat bernilai jual tinggi.

3. Kerajinan dari eceng gondok

Untuk yang satu ini pasti tidak asing dengan kerajinan dari eceng gondok. Ya eceng gondok sendiri sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu di danau ataupun sungai.

Padahal eceng gondok sendiri dapat kita manfaatkan untuk membuat salah satu kerajinan yang memiliki harga jual cukup tinggi. Bahkan di tempat seperti ambarawa yang ada di semarang eceng gondok sendiri adalah salah satu tumbuhan yang bernilai cukup tinggi lho.

Eceng gondok sendiri mempunyai kelebihan yaitu serat yang cukup kuat dan mudah dibentuk sehingga memudahkan bagi pengrajin eceng gondok membuat berbagai bentuk kerajinan sesuai dengan keinginan mereka maupun konsumen.

Salah satu hasil dari kerajinan eceng gondok ini adalah tas, lukisan dan lainnya.

4. Kerajinan alam dari rotan

Rotan sendiri adalah tumbuhan yang berbatang langsing dengan diameter 2-5 cm, beruas-ruas panjang, tidak berongga dan dilindungi oleh duri yang panjang.

Biasanya masyarakat sendiri menjadikan rotan sebagai kerajinan seperti kursi, meja, tas dan lainnya. Untuk membuat rotan menjadi sebuah kerajinan kamu dapat melakukannya dengan menganyam dan merajut.

Nah itu dia guys beberapa contoh kerajinan alam yang dapat kamu buat di rumah semoga informasi yang kami buat ini bermanfaat bagi kamu dan menambah wawasan kamu ya.

 

Pin It on Pinterest