Select Page

Wilayah Indonesia sendiri lebih terkenal dengan sebutan negara yang memiliki iklim tropis, nah iklim tropis sendiri merupakan wilayah yang sebagian besarnya tidak mempunyai musim dingin, selain itu juga letaknya berada di garis khatulistiwa.

Seperti Indonesia sendiri yang sebagai wilayah beriklim tropis yang bercuaca hangat sepanjang tahun,selain itu juga cenderung memiliki curah hujan yang cukup tinggi di wilayah yang mempunyai iklim tropis.

hutan tropis

Akan tetapi meskipun mempunyai iklim yang bercuaca tropis, Indonesia sendiri memiliki beberapa kekayaan alam yang sangat melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan ataupun yang lainnya.

Contohnya kekayaan alam yang ada di hutan tropis Indonesia sendiri sangatlah banyak mulai dari pohon jati, pohon mahoni, dan tumbuhan lainnya yang bisa kamu manfaatkan tentunya.

Akan tetapi jika kamu ingin mengambil untuk diambil manfaatnya pastikan tidak secara berlebihan dan jangan lupa tetap merawat hutan yang ada.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri ciri hutan musim tropis. Yuk langsung saja simak penjelasan saya di bawah ini tentang ciri ciri hutan musim tropis.

Tentunya informasi yang kami buat ini telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan aktual, sehingga menghasilkan informasi yang sangat akurat dan terpercaya juga.

Ciri Ciri Hutan Musim Tropis

  1. Terletak di ketinggian 0-800 Mdpl
  2. Jumlah spesies pohon yang ada di hutan tropis sedikit
  3. Rata-rata pohon yang ada di hutan musim tropis yaitu tingginya di bawah 25 meter
  4. Iklim musiman, yaitu jumlah penguapan air lebih banyak dibandingkan curah hujan yang turun.
  5. Curah hutan di hutan tropis terbilang sedikit yaitu sekitar 1500mm/tahun, namun apabila pada musim kemarau akan mengalami penurunan sampai sekitar 600mm/tahun
  6. Memiliki musim hujan dan kemarau yang terbilang terjadwal atau jelas.
  7. Sering dijumpai tanaman bambu ataupun rerumputan.

Nah itu dia sekitar penjelasan saya mengenai beberapa ciri ciri hutan musim tropis, pada dasarnya hutan hujan musim tropis sendiri hampir sama seperti hutan sabana, yang wilayahnya cenderung panas dan memiliki cadangan air yang tidak banyak.

Nah itu dia penjelasan saya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya, apabila ada salah kata maupun ucapan mohon maaf sebesar besarnya.

Pin It on Pinterest