Select Page

Kakao merupakan salah satu buah yang sekarang menjadi komoditas perkebunan terbesar di Indonesia. Sebagai bahan dasar pembuatan coklat, buah ini menarik perhatian banyak masyarakat untuk dapat membudidayakannya juga. Untuk lebih jelasnya, pelajari cara menanam kakao.

Bagaimana Cara Menanam Kakao?

Dalam membudidayakan buah kakao, Anda perlu memperhatikan suatu poin penting agar pertumbuhan buah ini nantinya dapat menghasilkan kualitas tinggi. Adapun cara-cara budidayanya bisa Anda terapkan seperti apa yang akan dijelaskan berikut :

Syarat Tumbuh Kembang Tanaman Kakao

Dalam syarat tumbuh kembang buah kakao ini diperlukan perhatian yang khusus sebelum Anda membudidayakannya. Salah satunya ialah tanam buah tersebut di ketinggian sekitar 0-600 mdpl, kemiringan tanahnya kurang dari 45%, kedalaman tanahnya kurang dari 150 cm.

Lalu tekstur tanahnya paling tidak 50% nya harus berpasir, 10 hingga 20% debu dan juga 30 sampai 40% lempung berpasir. Poin ini sangat penting untuk Anda perhatikan, karena jika tidak maka budidaya kakao tak akan berjalan lancar atau bahkan gagal.

Jarak Penanaman Buah Kakao

Untuk jarak tanam buah kakao ini Anda bisa menerapkan dua tipe jarak tanam, Anda dapat memilih salah satunya saja dan bisa disesuaikan dengan lahan atau preferensi. Salah satu tipe jaraknya adalah 3 x 3 meter, membutuhkan ketersediaan tanaman sulam 20% yaitu 222 pohon kakao. Sedangkan tipe jenis jarak tanam kedua yaitu 4 x 4 meter, membutuhkan ketersediaan tanaman sulam paling tidak sebanyak 20% dari banyaknya jumlah tanaman. Jadi, Anda memerlukan sekitar dua ratus lima puluh pohon kakao.

Adanya Tanaman Penaung

Saat Anda berbudidaya tanaman kakao, jangan lupa untuk membuat tanaman penaungnya juga. Tanaman atau pohon penaung ini tentunya sangat dibutuhkan tepatnya sebelum bibit – bibit kakao ditanamkan.

Beberapa kriteria tanaman atau pohon penaung yang baik ialah dapat memberikan intensitas cahaya paling tidak sekitar 30 sampai 50% secara langsung kepada tanaman kakaonya. Hal ini bertujuan untuk dapat memberikan sinar matahari langsung ke tanamannya tapi tidak berlebihan.

 

Seperti itulah beberapa kriteria cara menanam kakao saat Anda akan membudidayakan tanaman kakao ini. Pastikan cara atau langkah-langkahnya sudah benar agar buah kakaonya nanti dapat berbuah dengan kualitas terbaik.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/

Pin It on Pinterest