Select Page

Komputer tidak jarang mengalami error atau tiba-tiba lemot, hal tersebut perlu mendapat penanganan secara cepat, sebenarnya jika kerusakannya tidak para maka penangannya cukup cepat. Sebelum membawa pada ahli servis, Anda dapat mencoba pertolongan pertama.

Cara Cepat Mengatasi Komputer Bermasalah

Perkembangan teknologi sendiri memudahkan para user untuk mencari informasi terkait berbagai hal, mulai dari cara perawatan, penyebab kerusakan, menangani masalah, dan sebagainya. Hal tersebut dapat menjadi angin segar serta menambah pengetahuan baru.

1. Matikan dan Nyalakan Kembali Komputer

Hal tersebut dapat menjadi pertolongan pertama saat mengalami masalah, jika tidak dapat dimatikan sesuai prosedur Anda bisa melakukannya dengan menekan tombol power selama kurang lebih 5 detik. Sebelum menghidupkannya, sebaiknya biarkan sekitar 30 detik.

2. Coba Cari Penyebab Masalah

Cobalah untuk mengingat kapan Komputer mulai bermasalah, lalu cari penyebabnya bisa karena adanya virus, RAM terlalu penuh, prosesor rusak, aplikasi kelebihan kapasitas, dan masih banyak lainya. Selain memeriksa bagian software coba perhatikan komponen eksternal terutama saat mati lampu.

3. Periksa Semua Sambungan

Kabel yang longgar dapat menjadi masalah serius, penyebabnya bisa jadi karena tersenggol, perangkat tergeser, dan lainnya. Saat tiba-tiba terjadi error atau hang maka coba cek terlebih dahulu sambungan secara lebih detail.

4. Lakukan Pencarian di Google

Era modern ini, Google menjadi rujukan banyak orang untuk mencari tahu beragam informasi yang dibutuhkan termasuk masalah komputer, bisa melalui media tulis, Youtube dan masih banyak lainnya. Selain itu user juga dapat menanyakannya kepada ahli bisa teman, keluarga, atau lainnya.

5. Lakukan Pembaruan

Masalah biasanya dapat terjadi akibat OS atau software lainnya perlu diperbaharui, carilah petunjuk untuk masing-masing sistem operasi karena akan berbeda. Jika cara-cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah maka bawa ke ahli servis.

Itulah cara mengatasi masalah komputer yang bisa Anda lakukan di rumah, sebelumnya konsultasikan kepada ahli berpengalaman dalam bidangnya jika pertolongan pertama tidak dapat menanganinya. Usahakan selalu update dengan info terbaru serta upgrade software secara rutin. Untuk mendapatkan informasi update seputar komputer bisa Anda lihat di website robihartoni.id yang selalu memberikan trik dan tips komputer untuk Anda semua.

Pin It on Pinterest