Select Page

Salah satu cemilan dari singkong yang digemari masyarakat adalah keripik singkong. Dan saat ini keripik singkong memiliki varian rasa seperti balado. Yuk simak cara buat keripik singkong balado yang enak.

Singkong

Singkong merupakan salah satu makanan yang dijadikan pengganti nasi yang sangat terkenal di kalangan orang Indonesia. Banyak yang mengolahnya menjadi berbagai macam kudapan oleh para masyarakat sejak zaman dahulu.

Singkong ini sendiri banyak tumbuh di berbagai negara tropis di kawasan Afrika,Amerika Selatan,dan juga Asia. Di berbagai negara-negara ini, singkong juga telah banyak dijadikan sebagai sumber makanan pokok yang banyak dikonsumsi secara massal.

Singkong sendiri adalah sejenis umbi-umbian, dengan daun dan akarnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan tertentu. Jika pada umumnya, singkong banyak yang mengolahnya dengan cara direbus maupun dengan cara digoreng. 

Singkong juga banyak dikenal sebagai bahan baku untuk tepung tapioka. Singkong mengandung banyak sekali nutrisi seperti halnya karbohidrat, protein, air, vitamin A dan C, dan juga mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor hingga serat.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

1. Menurunkan pada Berat Badan

Manfaat yang bisa kalian dapatkan dari mengonsumsi singkong adalah mampu menurunkan pada berat badan. Hal ini dikarenakan singkong mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks yang bikin kenyang lebih lama dan bisa menahan lapar.

Selain bisa membantu penurunan pada berat badan, kandungan seperti karbohidrat kompleks yang ada didalamnya dan juga serat yang terdapat dalam singkong juga sangat menjaga pada pengurangan peradangan, dan juga pengendalian kadar gula darah dengan baik dan juga kesehatan pencernaan,  

Dengan kita bisa mengendalikannya pada kadar gula darah ini. Akibat terjadinya penyakit diabetes yang tipe 2 dan juga obesitas juga akan lebih rendah lagi. Meskipun demikian, masih sangat dibutuhkan oleh penelitian lebih lanjut dalam hal ini.

2. Menambah Energi

Dalam pangan singkong yaitu mengandung kalori yang lumayan cukup tinggi.Karena adanya  dalam 100 gram singkong ini mengandung 150 kalori. Jumlah ini akan termasuk lebih tinggi jika kalian membandingkannya dengan kalori yang terdapat pada umbi jenis lainnya, seperti ubi dan kentang. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian mengkonsumsi singkong untuk bisa mendapatkan energi tambahan. Selain bisa menambah energi, singkong juga sangat cukup ampuh pada mengganjal rasa lapar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat singkong yang ini kalian juga bisa saja memproses singkong dengan cara merebus singkong dahulu atau singkong diubah jadi keripik singkong.

3. Mengandung Antioksidan

Mungkin dari sebagian orang akan lebih merasa asing dengan manfaat singkong satu ini. Siapa yang menyangka bahwa makanan singkong ini menjadi pokok zaman penjajahan Belanda sangat bermanfaat pada merawat kesehatan kulit kita.

Hal ini juga karena singkong lebih mengandung antioksidan yang sangat berfungsi dalam melindungi tubuh dari mencegah dari sakit jantung, sehingga bisa mengatasi kerutan pada kulit kita dan juga dari efek radikal yang bebas.

Antioksidan yang ada di dalam singkong banyak yang diperoleh dari vitamin A, vitamin C, dan juga beta-karoten yang terdapat di dalamnya. Jadi juga tidak ada salahnya jika kalian lebih memilih ngemil singkong untuk mendapatkan hasil manfaat yang lebih baik dari kandungan yang terdapat di dalamnya.

4. Meminimalisir Pada Penyakit Jantung

Manfaat dari singkong yang bisa dirasakan yang lain adalah menjaga kesehatan pada organ jantung. Juga terdapat kandungan serat di dalam singkong, banyak dipercaya bisa meminimalisir terjadinya penyakit jantung koroner.

Bahkan sejumlah penyakit berbahaya lainnya seperti halnya stroke dan juga tekanan darah tinggi (hipertensi). Karena hal ini sudah ada yang membuktikannya.

Singkong sendiri adalah salah satu jenis umbi-umbian yang dapat mengandung serat tinggi . Tapi meskipun demikian, masih harus ada penelitian yang membuktikan jika singkong mempunyai khasiat mencegah penyakit jantung.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Selain bisa meminimalisir pada penyakit jantung, nyatanya singkong juga sangat bermanfaat dalam hal pencegahan kanker. Hal ini  banyak yang membuktikannya karena dalam singkong memiliki kandungan senyawa antioksidan yang terdapat di dalam singkongnya.

Sebagaimana banyak diketahui bahwa penyakit kanker ini berawal dari rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal yang bebas. Kandungan antioksidan inilah yang bisa menangani serangan radikal bebas yang bisa menghambat kerusakan sel tubuh dapat dicegah dengan baik.

Walaupun demikian, masih peru diteliti lebih lanjut dalam hal menyikapi pernyataan ini. Namun, juga tidak ada salahnya apabila kamu mengonsumsi singkong secara rutin.

Cara Buat Keripik Singkong Balado

Bahan-bahan :

  • 600 gram singkong ukuran sedang
  • 1 sendok teh air kapur sirih 
  • 1 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 500 ml minyak
  • 5 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah besar ditumbuk secara kasar
  • 5 buah cabai merah keriting di tumbuk kasar
  • tumbuk kasar 2 lembar daun salam 
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram gula merah
  • sisir 1 sendok makan gula pasir
  • Asam jawa 1/2 sdt 
  • larutkan dengan 2 sdm air
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis 

Cara Buat Keripik Singkong Balado :

  1. Langkah pertama kupaslah singkong terlebih dahulu, lalu iris-iris singkong dengan ukuran tipis atau bisa dengan mesin keripik singkong untuk proses pengirisan.
  2. Kemudian rendam dalam larutan air kapur sirih, garam, dan air selama kurang lebih 15 menit. Lalu mencuci bersih dan kalian tiriskan. 
  3. Panaskan minyak. Goreng singkong yang sudah di iris hingga semuanya matang dan juga kering di atas api yang sedang. Kemudia angkat dan sisihkan.
  4. Siapkan wajan baru dan beri sedikit minyak dalam wajannya. Lalu masukan cabai, bawang merah, dan daun salam lalu tumis sampai harum. 
  5. Tambahkan perasa, gula merah, gula pasir,air asam jawa, dan juga garam. Kemudian aduk lagi hingga bumbu mengental. 
  6. Masukan singkong yang sudah digoreng tadi. Aduk sampai semua terbalut rata oleh bumbunya. Keripik singkong siap untuk disajikan.

Demikian merupakan artikel cara buat keripik singkong balado. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu untuk kalian semua. Selamat untuk mencobanya.

Pin It on Pinterest