Select Page

Zaman sekarang, orang-orang banyak membuat atau menciptakan suatu kreasi pada dunia kuliner yang selalu baru setiap harinya. Pastinya semua makhluk hidup membutuhkan makan untuk bertahan hidup, bahkan tanpa makanan kita tidak dapat bertahan hidup dan akan merasa lemas. Dengan berkembangnya zaman, mulai bertambahnya makanan-makanan yang lezat dan istimewa, dan juga unik.

Banyak jenis dan aneka kuliner di dunia, yang unik, dan kekinian. Bahkan rasanya pun berbeda-beda, karena cara pembuatannya yang unik-unik dengan menggunakan resep bumbu yang berbeda. Dari berbagai banyak makanan yang lezat, ada juga makanan yang terkenal karena keunikannya. 

Penasaran apa saja itu? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Casu marzu (Italia)

Makanan unik yang pertama ada Casu Marzu yang merupakan makanan asal Italia. Makanan unik ini dikenal dengan keju tradisional asal Sardinia yang bahannya dibuat dari susu domba. 
Jika dilihat dari penampilannya, mungkin terlihat biasa saja, tapi mengapa dibilang makanan unik?

Makanan ini terkenal sebagai hidangan terunik dan juga agak menjijikan jika dilihat secara detail. Karena jika dilihat lebih dekat, makanan ini terdapat belatung yang berasal dari telur lalat piophila casei.

Lalat piophila casei ini akan menetaskan telurnya yang berupa belatung, lalu belatung tersebut memakan keju pecorino tersebut. Nah, hal tersebut berfungsi untuk memberikan enzim pada keju pecorino.

Keunikan lainnya bertambah dengan cara menikmati makanan yang harus dinikmati selagi belatung tersebut masih hidup. Karena jika dimakan saat belatungnya mati, makanan tersebut akan beracun.

2. Haggis (Skotlandia)

Makanan terunik selanjutnya adalah Haggis yang merupakan hidangan asal Skotlandia. Makanan yang satu ini dikenal dengan citra rasanya cukup nikmat. Hidangan ini dibuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba.

Bahan tersebut dicampur, lalu ditumbuk dan ditambahkan bawang putih, oatmeal dan lemak. Setelah itu, ditambahkan bumbu dan garam untuk menambah citra rasa yang lezat.

Selain itu, keunikan dari hidangan ini adalah saat proses pembuatannya. Cara memasak makanan ini sangat tidak biasa yaitu proses pembuatannya dimasak dalam perut domba.

3. Tiet Canh (Vietnam)

Makanan terunik selanjutnya adalah Tiet Canh. Makanan ini terbilang cukup ekstrim karena makanan ini dikenal dengan sup darah mentah. Yup, bahan yang digunakan dalam membuat hidangan adalah dengan menggunakan sup darah mentah, dan bahan tersebut berasal dari darah hewan.

Cara pembuatannya hidangan ini cukup mudah. Sebelum dihidangkan, darah hewan yang segar akan dituangkan dengan garam atau saus ikan yang akan mencegah agar darahnya tidak beku. Setelah itu bahan lain seperti daging panggang atau goreng ke dimasukkan ke dalamnya.

4. Black Pudding (Inggris) (Irlandia)

Makanan unik selanjutnya adalah Black Pudding. Makanan ini berasal dari Inggris dan Irlandia. Jika dilihat sekilas pastinya terlihat seperti agar-agar pada umumnya yang juga mirip dengan namanya yaitu pudding. Tapi, jika dilihat secara keseluruhan, mungkin akan berbeda lagi. Karena hidangan yang satu ini dibuat dari darah babi, lemak babi dan oatmeal.

Hidangan yang satu ini mempunyai kandungan seperti protein, zinc dan zat besi yang tinggi. Ditambah jumlah kalori yang terkandung didalamnya cukup besar yaitu berkisar antara 305 kcal dan 22 gram lemak per 100 gram.

Cara pembuatan hidangan yang satu ini adalah dengan mencampurkan darah, lemak, oatmeal dan beberapa bumbu tambahan ke dalam tempat bungkusan makanan yang berasal dari usus sapi atau kulit selulosa sintesis. Setelah hidangan tersebut dibungkus, lalu dimasak dengan cara direbus dan digoreng.

5. Shirako (Jepang)

Makanan unik selanjutnya adalah Shirako yang berasal dari Jepang. "Shirako" yang dalam bahasa Jepang yang memiliki arti sebagai salah satu nama bagian organ reproduksi binatang yaitu kantung sperma ikan kod.

Dengan teksturnya yang kenyal dan lembut, membuat hidangan satu ini banyak disukai, makanan ini bisa dinikmati saat mentah ataupun dimasak dengan cara digoreng.

6. Huitlacoche (Meksiko)

Makanan unik selanjutnya adalah Huitlacoche yang merupakan makanan yang berasal dari Meksiko. Makanan ini dibuat dari jamur Ustilago Maydis yang dapat ditemukan pada jagung jenis Zea mays di daerah Meksiko.

Seperti yang sering diketahui bahwa umumnya penyakit tanaman jagung dapat menyebabkan beberapa dampak yang sangat merugikan. Namun berbeda dengan huitlacoche yang dapat diolah menjadi makanan yang lezat.

Jika dilihat sekilas, pastinya akan merasa menjijikan. Namun makanan ini mempunyai citra rasa yang manis dan memiliki aroma wangi seperti vanilla. Bahkan jika diolah dan dihidangkan dengan quesadilla, citarasa yang dihasilkan akan menambah kekayaan rasa yang menggiurkan.

7. Surströmming (Swedia)

Makanan terunik yang terakhir adalah Surströmming. Makanan yang satu ini bisa diartikan sebagai "ikan basi', namun ikan haring yang berasal dari perairan Baltik ini dapat difermentasi menggunakan garam agar tidak basi dan busuk.

Makanan ini disajikan dalam kemasan kaleng, karena makanan yang satu ini memiliki aroma yang sangat kuat dan menyengat. Jadi disarankan, jika kalian ingin menikmati makanan yang satu ini, harap untuk dinikmati luar ruangan/ruangan terbuka agar aroma yang tajam tidak tinggal dalam ruangan.

Pin It on Pinterest