Select Page

Pembelajaran vokasional merupakan sebuah metode pembelajaran yang mengarahkan peserta didik pada pembekalan kecakapan hidup (life skills). Orientasi dari penerapan vokasional ini adalah agar para peserta didik dapat hidup di kehidupan nyata dengan baik. Dengan adanya pendidikan seperti ini, anak-anak dapat meningkatkan penguasaan keterampilannya dan meningkatkan kreativitasnya. Mereka akan belajar bagaimana terlibat dalam peran sebagai individu dalam kehidupan sosial saat berada di sekolah.

Penerapan Pembelajaran Vokasional di Sekolah

Pada pembelajaran vokasional, metode yang diterapkan dalam pembelajaran adalah gabungan antara praktik dan teori. Kedua hal ini diajarkan secara seimbang tanpa berat salah satunya. Apapun materinya, selalu berikan waktu untuk mempraktikkannya. Jadi guru dapat menyampaikan materi hingga tuntas diiringi dengan praktek dari materi tersebut.

Melalui langkah tersebut siswa dapat lebih terasah keterampilan dan kreativitasnya. Anggapan bahwa sekolah hanya untuk belajar materi secara tertulis dan jauh dari praktik akan sirna. Karena sesungguhnya yang paling dibutuhkan oleh siswa adalah keterampilan hidup dibandingkan tulisan-tulisan di atas kertas yang menumpuk. Para siswa dapat belajar bagaimana mereka bertahan dan mengatasi berbagai permasalahan hidup melalui sekolah.

Pembelajaran Vokasional yang Efektif

Pendidikan kecakapan hidup merupakan penghubung antara peserta didik dengan masyarakat. Pembekalan kecakapan hidup ini dilakukan melalui pembelajaran yang ada di sekolah-sekolah. Setiap peserta didik dapat dilatih untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya saat di sekolah. Melalui hal ini, mereka tidak akan terkejut saat nanti sudah masuk ke dunia kerja atau dunia masyarakat.

Selain itu, siswa juga dapat dilatih untuk mengembangkan bakatnya melalui program ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Sekolah dapat membimbing siswa untuk menemukan bakatnya sehingga mereka tahu apa yang ingin mereka lakukan saat sudah tamat dari sekolah nanti. Keahlian apa yang sudah dimiliki sangat menentukan bagaimana seorang anak akan menjalani kehidupannya di masa depan nanti.

Pembelajaran vokasional atau biasa disebut dengan kecakapan hidup sangatlah penting untuk diajarkan pada peserta didik. Proses pembelajaran ini dapat berjalan dengan efektif apabila didukung oleh pihak sekolah. Oleh karena itu, sekolah harus bisa menjadi tempat berlatih untuk hidup di dunia nyata. Bukan hanya tempat mencetak nilai di atas kertas, lalu ditempatkan pada map rapor sebagai hasil evaluasi belajar siswa yang biasanya dipesan para guru dari pusatpercetakanonline.com

Demikian tulisan kami ini, semoga anda bisa mendapat manfaat dan sampai jumpa pada artikel kami berikutnya.

Pin It on Pinterest