Select Page

Deskripsi tidak bisa dibuat dengan asal tulis terlebih jika channel dimaksudkan untuk mendapatkan uang. Maka anda membutuhkan petunjuk bagaimana cara membuat deskripsi yang baik. Pada awalnya mungkin anda tidak akan langsung mendapatkan deskripsi yang “sempurna” karena itu semua membutuhkan pembiasaan dan latihan.

Deskripsi merupakan satu kesatuan dari video yang tidak dapat dipisahkan. Bersamaan dengan judul, hashtag, deskripsi memainkan peran yang penting dalam channel youtube. Bahkan bisa jadi banyak sedikitnya penonton tergantung pada susunan kata dan kalimat pada deskripsi dan judul. 

Lalu, bagaimana cara membuat deskripsi yang baik? Berikut ulasannya.

SEO Friendly

Maksudnya sebuah deskripsi harus memuat kata kunci di dalamnya agar ketika seseorang mengetikan kata kunci tertentu akan muncul video anda disana. Namun tentu saja tidak serta merta video anda akan muncul bukan? Hal itu karena ada ratusan atau bahkan ribuan video yang memperebutkan sebuah kata kunci.

Oleh sebab itu anda harus selektif mencari kata kunci yang sekiranya cocok untuk anda gunakan yang mempunyai banyak pencari dan sedikit saingan.

 

Memuat tagar/ tag

Jangan lupa untuk menambahkan tagar atau tag pada hasil pencarian. Misalnya anda membuat konten video tentang CPNS maka anda sebaiknya menyertakan juga #CPNS atau #pembahasansoal. Ingat dalam penggunaan hashtag atau tagar menggunakan awalan tanda pagar (#) dan tidak ada pemisah spasi jika menggunakan 2 kata atau lebih.

 

Semakin banyak jumlah tag yang digunakan maka semakin tinggi kesempatan mendapatkan penonton. Namun jangan terlalu banyak menggunakan tagar/ tag karena justru akan terlihat spam dan juga mengganggu.

 

Tambahkan link jika perlu

Anda juga bisa menambahkan link atau tautan berupa referensi tempat anda mengutip informasi dan juga bisa menyertakan link playlist dan jika video terbagi menjadi beberapa bagian maka anda harus menyertakan semua bagiannya.

 

Kenali penonton anda

Dalam membuat tulisan untuk deskripsi maka anda juga harus memperhatikan siapa penonton anda. Deskripsi yang dibuat disesuaikan dengan minat, gaya bahasa, dan apa yang diharapkan oleh penonton.

 

Ingin info menarik lainnya? Jangan lewatkan juga membaca artikel ini.

Pin It on Pinterest