Select Page

Kamu mungkin tergoda untuk pulang pada akhir pekan, tetapi tahan dorongan tersebut. Perasaan sendirian akan mereda begitu kamu bertemu orang baru dan menemukan komunitas pendukung di perguruan tinggi. Berikut beberapa strategi lain yang bisa kamu gunakan untuk melawan perasaan kesepian.

Buat Suasana Rumah di Kamar Kos

Saat Anda pindah ke kamar kos, buatlah milikmu sendiri. Ini adalah tempat tinggal yang baru, tetapi penting agar terasa seperti rumah yang jauh dari rumah. Pastikan untuk membawa selimut favorit, foto keluarga, dan kenang-kenangan lainnya yang akan menciptakan lingkungan yang hangat dan nyaman. 

Terlibat di Organisasi

Bergabunglah dengan satu atau tiga organisasi kampus dan kamu akan memiliki sekelompok teman potensial secara instan. Mungkin tampak tidak nyaman untuk pergi ke pertemuan pertama, terutama jika tidak mengenal siapa pun. Terlibat di kampus akan membantu mengisi waktu, memperkenalkan diri dan memberikan cara untuk menjadi bagian dari komunitas kampus.

Temukan Jaringan Dukungan

Ini mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi menjalin pertemanan baru adalah cara yang pasti untuk memerangi kesepian. Ingat, semua orang mencoba mencari grup teman.

Mintalah teman kos baru kamu untuk makan siang bersama. Atau, jika kamu melihat seseorang duduk sendirian saat makan malam, kamu dapat meminta untuk bergabung dengannya.

Temukan Mentor

Seorang mentor dapat membantu meringankan perasaan terisolasi dan berfungsi sebagai papan suara saat Anda mengalami hambatan di jalan. Pengajar dan staf bekerja di lingkungan perguruan tinggi karena mereka memiliki semangat untuk membantu siswa tumbuh dan berkembang.

Jadwalkan pertemuan dengan profesor perguruan tinggi atau yang seperti student counselor di UPH Jakarta, untuk mengajukan pertanyaan tentang perkuliahan atau pekerjaan kursus dan memperkenalkan diri kamu. Kamu mungkin menemukan seseorang yang akan tertarik pada diri kamu.

Rencanakan Rutinitas

Saat kesepian, mungkin sulit untuk memikirkan apa yang harus dilakukan dengan waktumu. Coba isi jadwal terperinci untuk minggu itu. Mulailah dengan kelas dan jadwalkan dengan kesenangan dan relaksasi. Berkomitmen untuk mengikuti jadwal. Rutinitas harian akan membuatmu tetap fokus pada peran sebagai siswa dan keluar dari kamar kos.

Ikuti Kelas Kebugaran

Jangan meremehkan kekuatan olahraga sebagai cara untuk tetap bersemangat dan bersemangat. Kunjungi gym dan cari mitra angkat beban. Mintalah teman kos untuk menemani berjalan-jalan atau berlari. Bahkan jika berolahraga sendiri, kamu akan merasakan kesenangan untuk lebih mencintai diri sendiri.

Tetapkan Tujuan Pribadi dan Akademik

Jangan biarkan kesepian melumpuhkan produktivitas kamu. Tuliskan tujuan pribadi dan akademis dengan tanggal jatuh tempo dan strategi tertentu untuk sukses. Bekerja pada tujuan untuk menjadi lebih terhubung secara sosial. Kamu dapat memerangi kesepian hanya dengan memiliki sesuatu untuk mendorong kamu maju menuju kesuksesan.

Kunjungi Pusat Konseling

Jika kamu telah mencoba segalanya untuk menanamkan kebahagiaan dan hubungan sosial ke dalam pengalaman kuliah dan terus merasa putus asa, buatlah janji temu di pusat konseling perguruan tinggi. Berbagi perasaan Anda dengan profesional terlatih akan membantu Anda meletakkan segala sesuatunya dalam perspektif dan memberikan strategi untuk perbaikan.

Jika kamu sudah memiliki komunitas, rencanakan dan buat event hanya dengan menggunakan aplikasi GoKampus di UPH Jakarta. Rayakan kebersamaan untuk menghilangkan kesepian dan menambah relasi pertemanan.

Pin It on Pinterest