Select Page

Beberapa tentu merasa heran jika melihat orang kaya yang seperti tidak pernah habis hartanya. Terlebih jika orang tersebut tidak terlihat seperti bekerja. Kira-kira apa rahasianya?

Tentu bukan karena pesugihan, penghasilan yang tidak habis-habis dari beberapa orang bisa jadi didapatkan dari passive income. Passive income sendiri merupakan penghasilan yang didapatkan ketika seseorang tidak sedang melakukan pekerjaan. Bahkan dengan tidur sekalipun, orang tersebut tetap mendapatkan penghasilan. Akan tetapi bukan berarti tidak bekerja sama sekali.

Orang-orang dengan passive income diibaratkan seperti pepatah ‘bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian’. Pada awalnya mereka harus berusaha keras agar udahannya membuahkan hasil dan menjadikan passive income. Untuk itu tidak semua orang memiliki passive income karena bukan hal yang mudah untuk dimiliki. Lalu bagaimana caranya mendapatkan passive income? Beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk bisa mendapatkan passive income.

passive income

Membuat Sebuah Blog

Cara ini sebenarnya cara yang sudah cukup lama dilakukan untuk mendapatkan passive income yaitu dengan membuat sebuah blog milik Anda sendiri. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, Anda hanya cukup membeli nama domain dan bayar untuk hosting. Kemudian mulai membuat konten.

Siapkan konsep konten yang menarik misalnya saja yang terkait dengan kesukaan Anda seperti kuliner, travelling, atau sastra agar tidak terasa menjenuhkan. Tentunya hal ini butuh konsistensi sampai blog Anda dikenal banyak orang dan mulai dibagikan ke beberapa media sosial.

Jika Blog Anda sudah dikenal tentunya, halaman blog Anda akan menjadi sasaran bagi advertisement untuk memasang iklan mereka. Dengan begitu, Anda mulai memiliki passive income.

Membuat Konten di Akun Youtube

Cara selanjutnya yaitu membuat konten di akun Youtube. Cara ini yang saat ini sedang popular dilakukan oleh banyak orang di belahan dunia. Pasalnya selain memberikan passive income, Anda juga berpotensi menjadi sosok yang terkenal.

Cara yang dilakukan hampir sama dengan membuat blog, yaitu dibutuhkan konten dan konsistensi. Hanya saja konten youtube ini bermuatan video. Anda bisa memilih konten sesuai dengan hobi Anda seperti tutorial make up, review film, review makanan, vlog saat travelling, hingga musik.

Jika akun Anda mulai dikenal dan mendapatkan viewers dan subscriber yang banyak, Anda hanya perlu menambahkan Google AdSense di dalam video. Google AdSense ini nantinya akan menambahkan iklan secara otomatis ke video Anda. Ketika ada viewers yang mengkliknya, secara otomatis Anda akan mendapatkan uang. Dan penghasilan tersebut akan terus berlanjut sampai kapanpun selama masih ada yang melihat video Anda tersebut.

Menjadi Kontributor Di Website Fotografi

Bagi Anda yang memiliki bakat atau hobi di bidang fotografi, cara satu ini mungkin bisa jadi pilihan tepat untuk Anda untuk mendapatkan passive income.

Beberapa website fotografi seperti iStockphoto dan Shutterstock menyediakan platform yang dapat membeli hasil karya jepretan Anda.

 Caranya, Anda cukup membuat portofolio sebanyak-banyak dengan berbeda tema untuk diajukan ke website tersebut. Biasanya jika tertarik, mereka akan menawarkan biaya tetap dari tiap foto yang Anda kirim.

Dari kesepakatan harga inilah, foto jepretan Anda akan di post dan menghasilkan uang tiap kali terjual. Tentunya hal ini menjadi passive income yang paling mudah buat Anda bukan?

Melakukan Investasi

Cara mendapatkan passive income paling umum yaitu melakukan investasi. Sama seperti cara lainnya, pendapatan dari hasil investasi juga tidak instan di mana Anda harus bekerja keras terlebih dahulu. Akan tetapi dibandingkan dengan cara sebelumnya, cara mendapatkan passive income melalui investasi cukup beresiko karena berkemungkinan mengalami kerugian. Namun anda bisa memulai dengan reksadana, anda cukup mencari manajer investasi saham yang handal dan menaruh uang anda pada manajer investasi tersebut

Anda bisa memilih jenis investasi yang minim resiko sehingga dapat memberikan pemasukan yang tetap misalnya saja seperti investasi reksadana dan beberapa lainnya.

Selamat mencoba!

Pin It on Pinterest