Select Page

Jika kamu sedang melakukan program diet, memiliki alat gym di rumah akan sangat bermanfaat untuk kamu. Pasalnya, alat gym dapat membantu program diet yang sedang kamu jalankan. Selain itu, adanya alat gym di rumah juga bisa lebih memotivasimu untuk menjalankan program diet.

Secara harfiah, diet merupakan pengaturan pola makan, baik mengatur gizi maupun jumlah makanan yang dikonsumsi. Program diet biasanya banyak dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan agar mencapai berat yang ideal.

Dalam menjalankan program diet, biasanya orang-orang akan memadukan program tersebut dengan olahraga agar berat badan ideal lebih mudah tercapai. Banyak jenis olahraga yang bisa dijalankan untuk mendukung program diet, mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat.

Kegiatan olahraga dapat dilakukan dimana saja, namun karena kondisi pandemi yang membuat aktivitas di luar rumah menjadi dibatasi, banyak orang memilih menjalankan olahraga di rumah. Untuk memudahkan kamu berolahraga di rumah, kamu bisa menggunakan alat gym yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jenis Alat Gym di Rumah yang Cocok Untuk Program Diet

Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga, pillates, dan lain sebagainya. Agar program diet lebih efektif, kamu bisa menggunakan alat gym yang bisa digunakan di rumah. Berikut beberapa alat gym yang cocok untuk program dietmu di rumah:

1. Treadmill Elektrik atau Manual

Jenis alat gym yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Meskipun cukup mainstream, treadmill terbukti mampu menurunkan berat badan apabila digunakan secara konsisten. Mesin olahraga yang satu ini cukup mudah digunakan dan bisa mengukur kalori yang terbakar. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa meningkatkan durasi dan kecepatan berlari secara bertahap sesuai dengan kemampuanmu.

2. Dumbbell dan Kettlebell

Kedua alat gym ini terbilang cukup mirip karena keduanya menitikberatkan pada latihan kekuatan. Kettlebell lebih sering digunakan untuk gerakan berayun, dimana gerakan berayun dengan menggunakan alat tersebut diklaim mampu membakar hingga 20 kalori dalam satu menit. Sedangkan dumbbell biasanya digunakan sebagai pelengkap atau tambahan beban saat melakukan gerakan olahraga tertentu seperti squats, lunges, dan sebagainya.

3. Revoflex Xtreme Abdominal Trainer

Jenis alat gym yang satu ini terbilang cukup murah dibandingkan alat gym lainnya. Revoflex Xtreme merupakan alat gym yang dapat digunakan untuk berbagai gerakan, mulai dari latihan untuk bagian perut, bahu, hingga paha. Alat ini terbilang cukup mudah digunakan, namun untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu melakukan beberapa gerakan sekaligus atau banyak mengulang gerakan yang sama.

Tips Berolahraga Saat Menjalankan Program Diet

Ketika menjalankan program diet, tentunya kamu akan mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain mengatur pola makan, kamu juga bisa melakukan olahraga untuk mencapai hasil yang maksimal. Akan tetapi, kamu tidak bisa sembarangan menjalankan olahraga saat diet. Pasalnya, jika olahraga yang dijalankan berlebihan, alih-alih menjadi sehat justru malah membahayakan kesehatan.

Agar aman berolahraga saat menjalankan program diet, mulailah olahraga dengan frekuensi yang tidak terlalu sering, misalnya tiga kali dalam sepekan. Jika tubuhmu sudah terbiasa dengan pola tersebut, kamu bisa meningkatkan intensitas dan frekuensi olahraga. Dengan menerapkan hal-hal tersebut, tubuhmu akan terbiasa serta metabolisme tubuh akan lebih lancar sehingga berat badan pun akan lebih mudah turun.

Pin It on Pinterest