Select Page

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMA dan masuk ke jurusan IPS, sudah pasti sangat familiar dengan pelajaran satu ini, bukan? Cabang ilmu satu ini kebanyakan membahas mengenai segala hal yang berhubungan dengan masyarakat. Contohnya, struktur sosial, proses sosial, dan perkembangan masyarakat. Dapat dikatakan kalau sosiologi termasuk salah satu mata pelajaran penting untuk dipelajari, mengingat kita semua adalah bagian dari masyarakat itu sendiri.

Hanya saja, dikarenakan sosiologi lebih banyak memuat mengenai teori-teori sosial, banyak siswa yang tidak tertarik, dan alhasil cukup kesulitan mempelajari pelajaran satu ini. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mengetahui beberapa tips berikut yang akan menjelaskan mengenai tips mudah belajar sosiologi.

Kenali Dulu Pentingnya Belajar Sosiologi

Mempelajari sesuatu hal tanpa mengetahui seberapa pentingnya hal tersebut, tentu akan jadi sesuatu yang percuma saja. Sama halnya ketika kamu mempelajari pelajaran sosiologi, tapi tidak tahu mengapa ilmu satu ini begitu penting untuk dipelajari.

Perlu kamu ketahui, sebagai bagian dari masyarakat dan makhluk sosial, belajar sosiologi akan sangat membantumu memahami bagaimana kondisi sosial, meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan sosial, hingga mengasah pemikiran kritis kita terhadap fenomena di masyarakat.  Jadi, bisa dikatakan belajar sosiologi ini sangat penting untuk kehidupan bermasyarakat. 

Memahami Bukan Menghafal Materi

Menghafal teori mungkin akan membuatmu jadi cepat bosan bukan? Nah, untuk bisa mengerti secara penuh mengenai setiap teori yang diberikan di pelajaran sosiologi, lebih baik untuk memahami teori dan tidak menghafalnya per kata. Sehingga, nantinya kamu akan mampu menjelaskan teori tersebut dengan bahasamu sendiri.

Jika kamu merasa kesulitan dalam hal ini, cobalah kunjungi situs belajar yang biasanya menyediakan penjelasan tentang suatu materi dengan bahasa yang lebih ringan, seperti tambahpinter. Biasanya, dengan memahami teori dalam bahasa yang sederhana, pasti akan memberikan pemahaman yang sederhana.

Buat Mind Mapping untuk Materi yang Susah

Sudah banyak yang membuktikan jika membuat mind mapping mampu memberikan pemahaman yang lebih sederhana. Tentunya cara ini dapat kamu coba untuk meningkatkan pemahaman pada materi sosiologi yang susah.

Misalnya, saat membaca materi sosiologi kamu dapat membuat mind mapping di buku catatan sesuai kreativitasmu. Dengan cara seperti ini, sudah dipastikan kamu akan lebih paham pada materi tersebut.

Tidak Hanya Terpaku pada Buku Teks

Dengan kemajuan internet seperti sekarang, mempelajari pelajaran sekolah bisa jauh lebih mudah. Sudah banyak video-video pembelajaran yang bisa kamu akses gratis seperti di YouTube yang memberikanmu pemahaman mengenai materi sosiologi dengan cara yang menarik. Disamping itu, sudah banyak pula situs yang jadi rujukan banyak siswa untuk menambah pemahaman materi pelajaran sosiologi dengan bahasa yang ringan.

Hubungkan Teori dengan Contoh Nyata di Masyarakat

Cara satu ini juga dapat kamu coba untuk memudahkan pemahaman tentang suatu teori sosiologi dengan mengambil contoh langsung yang ada di masyarakat. Contoh sederhananya, setelah kamu mempelajari pengertian akulturasi cobalah melihat langsung ke sekitarmu, apakah ada contoh nyata dari akulturasi di lingkunganmu.

Jika ada, maka itu dapat kamu asosiasikan dengan pengertian yang baru saja kamu pelajari. Sehingga, lain kali saat mengulang pengertian akulturasi, kamu dapat dengan mudah mengingat akan konsep dari pengertian tersebut.

Sesekali Mengerjakan Latihan Soal

Tips yang terakhir ini dapat kamu terapkan untuk mengecek apakah kamu sudah menguasai betul materi-materi yang sudah dipelajari. Jika terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal, lakukan pendalaman materi kembali dengan cara-cara di atas, dengan begitu, lama kelamaan kamu akan jadi lebih paham tentang sosiologi.

Jadi, setelah menyimak seluruh tips belajar sosiologi di atas, sudah siap belum untuk kembali belajar sosiologi? Jika keenam tips di atas kamu terapkan secara rutin, dijamin kamu tak akan lagi merasa kesusahan mempelajari pelajaran satu ini. Semangat!

Pin It on Pinterest