Select Page

5 Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil Untung Besar

Tidak bisa dipungkiri, sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu, semua kegiatan bisnis dan usaha pun terdampak sangat parah.

PHK terjadi di mana-mana, dan angka pengangguran pun semakin meningkat dikarenakan belum pulihnya perekonomian kita sepenuhnya. Tidak sedikit yang kemudian memulai bisnis atau pun usaha yang bisa dijalankan dari rumah demi memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi kamu yang mungkin saat ini sedang mencari peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan, simak terus artikel ini sampai habis.

5 Ide Usaha Yang Menguntungkan di Pedesaan

Berikut ini penulis sajikan daftar 5 ide peluang usaha di desa yang bisa dijalankan oleh siapa saja.

1. Usaha Makanan Kekinian

Peluang usaha di bidang kuliner memang tidak ada matinya. Terlebih lagi sekarang ini banyak bermunculan jajanan dan makanan kekinian yang sangat digandrungi, misalnya saja tahu crispy, takoyaki, bola ubi kopong, dsb.

Untuk memulainya pun tidak terlalu sulit dan juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar, menjadikannya sebagai usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

2. Usaha Minuman Kekinian

Hampir sama dengan usaha makanan kekinian, usaha minuman kekinian saat ini tengah berada di puncaknya dan memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

Lihat saja sekeliling kita. Siapa yang belum pernah mencicipi Thai Iced Tea, teh susu dari Thailand yang begitu diminati?

Atau bagi para pecinta kopi, pasti sudah pernah merasakan nikmatnya menu Kopi Susu Gula Aren yang sensasional dan menjadi menu andalan setiap gerai kopi di mana-mana.

Tunggu apa lagi? Jangan sampai kamu ketinggalan untuk mereguk manis dan segarnya profit yang ditawarkan oleh bisnis minuman kekinian.

3. Usaha Thrift Shop

Salah satu usaha yang juga sedang trend sekarang ini dan banyak peminatnya adalah thrift shop.

Apa itu thrift shop?

Thrift shop berasal dari kata thrift yang artinya penghematan. Jadi kalau diartikan secara kasar, thrift shop adalah toko yang menjual barang-barang dengan harga hemat yaitu barang-barang bekas pakai yang masih berkualitas baik dan layak. Biasanya barang-barang ini adalah barang-barang branded alias bermerek.

Barang-barang branded yang biasa dicari orang adalah pakaian, sepatu, jam tangan, tas, dan lain-lain.

Tingginya keinginan untuk tampil berkelas dengan barang-barang branded namun dengan harga miring menjadikan bisnis ini sangat tinggi permintaan pasarnya.

4. Usaha Toko Pertanian

Di pedesaan yang masyarakatnya aktif bercocok tanam tentunya kehadiran toko pertanian bisa sangat membantu.

Ini bisa kamu jadikan peluang bisnis yang juga menjanjikan.

Untuk memulainya tidak diperlukan modal yang besar. Kamu cukup riset dan mencari tahu apa saja yang menjadi kebutuhan para petani di desamu, mulai dari bibit unggul, pupuk, sampai obat-obata pertanian.

Dengan hanya menyediakan apa yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh para petani, kamu bisa menghindari mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk stok produk yang mungkin saja tidak diperlukan.

5. Usaha Penjualan Bibit Tabulampot

Ide usaha yang terakhir adalah usaha penjualan bibit tabulampot atau tanaman buah dalam pot.

Usaha ini sangat menjanjikan dan memiliki potensi yang tidak terbatas pada masyarakat di desamu saja, karena faktanya selama pandemi dan stay at home banyak masyarakat perkotaan bahkan di kota-kota besar yang mengisi kegiatannya dengan menanam tanaman buah di dalam pot.

Untuk memulai usaha ini, kamu tinggal mencari pusat grosir pembibitan tabulampot baik yang ada di desamu atau pun di desa lain dan memasarkannya secara baik secara online mau pun offline.

Untuk pemasaran secara online, kamu bisa memanfaatkan marketplace yang ada sehingga bisa menjangkau pembeli secara lebih luas lagi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ide usaha rumahan yang cocok bagi kamu yang tinggal di pedesaan.

Selamat mencoba!

Pin It on Pinterest