Select Page

Apakah Anda kecewa dengan hasil belajar yang diperoleh anak-anak Anda melalui sekolah negeri atau swasta? Apakah Anda prihatin dengan pendidikan yang mereka peroleh? Pernahkah Anda mendengar tentang keunggulan homeschool?

Pertimbangkan manfaat homeschooling. Ketika Anda berkomitmen untuk memberikan anak Anda pendidikan terbaik melalui homeschooling, Anda akan mendapatkan apa yang saya sebut dengan keuntungan dari homeschooling. Banyak perguruan tinggi sangat bersemangat ketika ada siswa homeschool mendaftar di kelas mereka, karena mereka menemukan bahwa anak-anak ini seringkali memiliki pendidikan yang lebih baik daripada siswa dari sekolah formal.

Sebagai lulusan homeschooling, serta orang tua homeschooling, saya memiliki sedikit pengalaman di bidang ini dan akan membagikan di sini tentan lima keuntungan utama homeschooling:

Keuntungan Homeschool # 1: Salah satu manfaat favorit saya dari homeschooling adalah jadwal yang lebih fleksibel. Saya senang bisa mengubah berbagai hal saat dibutuhkan. Ada banyak contoh yang bisa saya berikan, tetapi baru-baru ini jadwal homeschool kami mengalami beberapa perubahan.

Saya memasuki usia 5 bulan kehamilan, dan seperti yang diketahui semua ibu, bayi pada usia ini belum sepenuhnya memahami “waktu malam adalah untuk tidur”. Jadi beberapa malam terakhir ini sangat sulit bagi saya untuk tidur.

Biasanya, saya mencoba memulai hari sekolah sekitar jam 7:30 atau 8 pagi. Tetapi karena jadwal tidur yang aneh, saya mengubahnya menjadi lebih seperti jam 10:30 sampai 11 pagi.

Tentu, anak-anak menyelesaikan tugas sekolah mereka sedikit lebih lambat dari yang saya inginkan, tetapi ini adalah pertukaran yang bersedia saya terima. Karena jika saya dapat tambahan tidur satu jam, sikap dan tingkat kesabaran saya jauh lebih baik.

Keunggulan Homeschool # 2: Karena saya menginginkan yang terbaik untuk anak-anak saya, saya ingin dapat memilih kurikulum mereka. Mengapa saya harus membiarkan guru atau penasihat pendidikan melakukannya untuk saya? Mereka mungkin ingin sekolah mereka berprestasi baik secara akademis, tetapi saya ingin ANAK saya berprestasi secara akademis.

Saya tahu ada pengecualian untuk ini. Tidak setiap sekolah hanya berfokus pada nilai sekolah. Tetapi dengan homeschooling, Anda dapat memilih dengan tepat apa yang ingin Anda ajarkan kepada anak-anak Anda.

Sebagai seorang Kristen, keunggulan homeschool ini sangat penting bagi saya. Misalnya, saya tidak ingin anak saya diajari bahwa kita berevolusi dari kera. Saya ingin mereka mempelajari semua teori tentang asal mula alam semesta dan dapat membedakan sendiri teori yang paling logis (belum lagi yang paling alkitabiah).

Pada akhirnya, saya ingin dapat menggunakan kurikulum yang paling sesuai dengan anak-anak saya dan gaya belajar mereka. Dalam sistem sekolah, hal ini tidak mungkin dilakukan. Setiap anak di kelas diajar dari buku yang sama di lingkungan sekolah, entah mereka benar-benar dapat belajar dengan baik dari gaya mengajar itu atau tidak bukan urusan sekolah tersebut.

Keunggulan Homeschool # 3: Hal itu membawa saya pada manfaat ketiga dari homeschooling, yaitu memungkinkan anak-anak belajar dengan kecepatan mereka sendiri. Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, Anda tahu betapa berbedanya setiap anak Anda. Kemampuan belajar setiap anak berbeda seperti kepribadian mereka.

Ini sangat jelas terlihat dalam keluarga saya, terutama pada kedua anak tertua saya. Satu di kelas 3 dan yang lainnya di kelas 2. Anak kelas 3 selalu menjadi pembelajar yang sangat cepat. Dia membaca sendiri di akhir kelas satu. Dia mampu melakukan semua tugasnya hampir sepenuhnya sendiri, hanya dengan beberapa pertanyaan di sana-sini.

Namun, anak saya yang kelas 2 masih membutuhkan saya untuk membacakan hampir semua tugasnya kepadanya. Dia mampu melakukan pekerjaan itu, tetapi dia belum mencapai tingkat membaca seperti yang biasa saya lakukan dengan anak saya yang kelas 3 saya. Jadi, alih-alih menekankannya, saya belajar mengikuti langkahnya. Dia meningkat setiap hari dengan kemampuan membacanya, lebih lambat dari saudara perempuannya.

Dalam lingkungan sekolah yang “normal”, putra saya mungkin tidak naik kelas, atau lebih buruk lagi, mungkin akan dimasukkan ke dalam kelas pendidikan khusus. Saya tahu bahwa hanya berada di kelas seperti itu atau tidak naik kelas akan sangat merusak gambar dirinya. Dia akan berkembang lebih baik dalam dorongan dan bimbingan personal, yang tidak akan tersedia baginya di lingkungan sekolah. Jadi keunggulan homeschool ini sangat dirasakan oleh anak saya.

Keunggulan Homeschool # 4: Apakah keluarga Anda sering bepergian? Keluarga saya sudah tidak lagi, tapi dulu kami sering melakukannya karena pekerjaan lama suamiku. Dia biasa pergi ke Konvensi Makanan untuk mencari vendor makanan untuk pom bensin yang dia kelola. Karena anak-anak saya homeschooling, kami dapat memiliki kebebasan untuk bepergian bersamanya ke konvensi itu dan menghabiskan waktu menyenangkan di hotel.

Bagian favorit anak-anak saya adalah bisa mencicipi semua makanan enak, dan tentu saja bisa berenang di kolam renang dalam ruangan di hotel! Bagian favorit saya adalah bisa melanjutkan pendidikan sambil tetap menikmati menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga. Kami akan membawa buku-buku yang kami butuhkan selama beberapa hari kami pergi. Anak-anak diberi insentif untuk menyelesaikan tugas sekolahnya agar bisa bermain di kolam renang. Mereka jadi semangat belajar tentunya hehe.

Jika anak-anak saya pernah bersekolah di sekolah “biasa”, kami akan melewatkan saat-saat menyenangkan ini. Kami harus tetap tinggal di rumah saat suami saya memenuhi perannya sebagai manajer, karena saya tidak akan bisa begitu saja menarik mereka keluar dari kelas mereka selama beberapa minggu dalam setahun.

Keunggulan Homeschool # 5: Karena keuntungan homeschool dalam bepergian, bonus tambahan berupa kedekatan keluargapun dipupuk. Kita tidak perlu berpisah, karena kita bisa membawa sekolah bersama kita.

Anak-anak saya masih sangat kecil saat ini, jadi saya tidak mengalami apa yang dilakukan keluarga homeschooling dengan anak yang lebih besar. Sekarang ini anak-anak saya tidak sibuk sendiri dengan kegiatan ekstrakurikuler mereka. Tetapi sebenarnya bukan itu yang saya bicarakan tentang kedekatan keluarga.

Apa yang saya maksud adalah apa yang terjadi ketika anak-anak sudah dewasa dan memiliki kehidupan sendiri. Bagaimana pengaruh homeschooling pada tahun-tahun ini? Nah, sejak saya homeschooling saat masih kecil, saya bisa membuktikan kedekatan yang saya rasakan terhadap orang tua saya saat dewasa.

Saya tidak mengalami tekanan teman sebaya dari anak-anak lain yang memberi tahu saya bagaimana orang tua saya “bodoh” dan bahwa mereka tidak tahu apa-apa. Saya tumbuh dengan hubungan yang sehat dengan orang tua saya, memahami bahwa mereka tahu apa yang terbaik untuk saya dan ini mendorong saya menerapkan homeschooling pada anak-anak saya.

Saya harap daftar ini memberi Anda dorongan, entahkan Anda berpikir untuk memulai homeschooling atau Anda sudah terbiasa homeschooler. Mengetahui keuntungan dari homeschooling bisa menjadi pengingat yang bagus bahwa pekerjaan yang kita lakukan untuk anak-anak kita sangat berharga!

Pin It on Pinterest