Select Page

Budidaya kerang dara cukup memiliki potensi karena merupakan jenis kerang andalan masyarakat Asia Timur dan Asia tenggara. Dilansir dari Suksespedia, Sebutan kerang dara atau kerang darah adalah karena kerang tersebut mampu menghasilkan hemoglobin.

Kerang darah atau nama ilmiahnya adalah Anadara Granosa tinggal di pantai laut bersubstrat lumpur dan berpasir. Kerang tersebut juga dapat tinggal dalam pasir pantai dengan kedalaman mulai 10,5 m hingga 30,5 m.

4 Cara Budidaya Kerang Dara Agar Bisa Panen

Berikut adalah informasi lengkap tentang budidaya kerang yang wajib anda simak.

1. Persiapan Benih Kerang

Sampai saat ini, budidaya kerang darah masih menjadi percobaan, dengan cara mengumpulkan benih dari tempat penyebaran benih alami.

Kumpulkan kerang saat air pasang rendah, yaitu ketika kedalaman air hanya 62 cm. pengumpulan benih adalah dengan mengeruk menggunakan papan selancar. Fungsinya supaya ada tempat menyimpan benih dan menunjang pergerakan pengumpul benih.

2. Penebaran Benih Budidaya Kerang Dara

Setelah persiapan benih selesai, lakukan seleksi benih sesuai ukuran. Lanjutkan dengan menebarkan pada lokasi budidaya. Tebar 2.100 ekor per m2, lalu jarangkan hingga kepadatan hanya 210-300 ekor per m2.

3. Perawatan dari Hama dan Penyakit

Siput gastropoda adalah pemangsa predator kerang darah. Kematian juga dapat terjadi saat musim hujan terlalu panjang sehingga salinitas menurun. Jika salinitas air kurang dari 14 g/kg, kematian kerang darah jadi meningkat.

4. Panen Kerang

Terakhir, dalam budidaya kerang darah adalah proses pemanenan. Jika anda telah melakukan budidaya dari 7-9 bulan, anda dapat memanen kerang darah menggunakan alat pengeruk yang lebih besar karena lebih kuat jika anda bandingkan dengan alat pengeruk untuk benih kerang.

Sekarang, anda sudah tahu bagaimana informasi lengkap tentang panduan budidaya kerang. Hingga kini, di Indonesia, kerang darah masih mengandalkan tangkapan alam, sehingga kegiatan budidaya masih pada tahap uji coba.

Budidaya ini juga harus anda lakukan dengan lokasi pinggir pantai. Anda bisa berinisiatif mengambil peluang tersebut. Ada begitu banyak peluang dari kerang, termasuk untuk memenuhi permintaan pasar lokal atau internasional melalui kegiatan ekspor ke negara Asia lainnya.

Pin It on Pinterest