Select Page

Butuh aplikasi edit foto pc? Yang sangat terkenal diantaranya mungkin Adobe Photoshop. Software ini bisa dikatakan aplikasi yang sangat banyak diinstal oleh pengguna Indonesia, yah meskipun yang mereka pasang mungkin versi bajakannya. Lalu, apakah ada banyak aplikasi semacam ini? Mungkin banyak sebenarnya, tapi mimin akan mengumpulkan beberapa pilihan aplikasi edit foto yang direkomendasikan untuk dicoba di perangkat PCmu, baik untuk yang menggunakan Windows 7, Windows XP, Windows 10, Mac dan juga mungkin sistem operasi lainnya. Yuk kita mulai pembahasannya ini dibawah:

15 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik PC

Ilustrasi adobe photoshop

1. Adobe Photoshop

Awalnya adobe photoshop dalam versi CS, dan lalu ke seri CC, aplikasi ini terus menerus berkembang dan tentunya sukses di pasarnya. Aplikasi ini adalah software terbaik di pasarannya.

2. Adobe Lightroom

Apabila Adobe Photoshop dirasa agak mahal, maka kamu bisa memakai aplikasi lainnya dari Adobe. Aplikasi ini pada awalnya adalah aplikasi bertujuan untuk mengolah gambar RAW (foto mentah). Seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi ini mempunyai fitur yang sangat mirip dengan Adobe Photoshop. Terlebih lagi seri keempatnya, software ini sudah bagus sebenarnya. Apabila kamu mempunyai dana, sebaiknya juga memilih aplikasi ini dibandingkan Adobe Photoshop. terlebih lagi aplikasi ini sangat ringan ketika dipakai.

3. DxO Photolab

Aplikasi ini sudah tergolong punya tools yang lebih rumit dibandingkan aplikasi sebelumnya, tetapi DxO Photolab mempunyai bermacam-macam fitur yang canggih dan pastinya akan membuat penggunanya lebih puas dalam mengedit foto. Pantaskan saja, karena DxO Photolab ini memang bertujuan untuk kamu yang sudah mahir dalam hal editing foto. Biasanya juga DxO Photolab sering digunakan bagi seorang fotografer profesional.

4. GIMP

Aplikasi open source yang satu ini adalah program yang sangat mimin rekomendasikan untuk para desainer maupun fotografer. Aplikasi ini memiliki hampir semua fitur dan tool software berbayar. Bahkan banyak kalangan profesional menggunakan GIMP untuk mengedit, membuat logo, dan mengolah gambar. Aplikasi gratis ini bisa dipakai di berbagai sistem operasi komputer, misal Windows, Linux, dan Mac.

5. PaintShop Pro

PaintShop Pro sudah sampai dengan seri 2020. Aplikasi ini menawarkan kemampuan yang lebih baik. Tak heran jika aplikasi ini jadi pilihan untuk fotografer  profesional selain Photoshop. Aplikasi ini mungkin akan menjadi lawan berat bagi aplikasi Photoshop.

6. Skylum Luminar

Aplikasi ini dibekali banyak akan filter, dan bahkan tools dalam aplikasi ini dapat diakses tanpa adanya kendala ataupun lelet. Software ini dapat mempermudah para pemakainya untuk memperbaiki tone,warna,lens,chromatic dan distortion untuk gambar yang diedit. Namun, apabila kamu ingin lebih cepat maka kamu bisa saja memakai fitur automatic correction agar menyempurnakan editan fotomu.

7. Affinity Photo

Berikut ada Affinity photo, yang menawarkan bermacam-macam fitur yang lengkap dan bagus untuk kebutuhan edit fotomu. Fitur yang tersedia meliputi 350 degree, full Hd merge, dan tone mapping. Aplikasi ini menyediakan gaya editing gambar yang sangat detail. Lalu pemakainya akan beranggapan bagus untuk mengedit fotonya agar sempurna.

8. Capture One Pro

Di Capture One Pro pemakainya akan bisa melakukan banyak tentang editing foto layaknya ahli editing foto. Fitur terapiknya adalah adjustmen tools yang bisa mengimpor foto dengan cepat, lalu mereduce noise dengan sangat apik. Namun, tak lain lagi apabila aplikasi ini dijual dengan harga mahal. Tetapi apabila kamu mau menggunakan Capture One Pro, kamu diharuskan mempunyai spec PC yang tinggi untuk aplikasi yang berat ini. Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi Terbaik untuk kamu!

9. ON1 Photo RAW

Jika kamu memakai aplikasi ini, kamu bisa mengedit RAW Conversion. Fitur plug-in yang mampu menambahkan aplikasi Photoshop dan juga Lightroom. Tak kalah dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini juga bagus dalam me-reduce preset effects dan juga retouching. Tapi banyak keluhan dari penggunanya, dikarenakan mudah lag dan keterlambatan import gambar. tetapi harga untuk aplikasi ini masih terbilang terjangkau untuk kantong pelajar.

10. Exposure X5

Di aplikasi ini anda bisa memilih katalog efek, yakni antik dan modern. Kamu bisa pilih dengan kebutuhanmu. Pemakai akan bisa mengedit foto secara tradisional films dan juga processing techniques. Agar pengguna menghasilkan editan yang sempurna, Exposure X5 membekali adjustment tools yang lengkap tentunya.

11. PhotoScape

Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk pengolahan dan pengeditan foto. Menurut situs relogi Aplikasi ini sangat cocok untuk seorang yang ingin terjun kedalam hal editing foto. Mudah dalam penggunaan dan cocok untuk pemula, fitur yang menarik membuat aplikasi ini banyak disukai kalangan pengedit.

12. Firealpaca

Walau aplikasi ini bisa dibilang biasa saja, namun kamu akan terasa sedikit kaget bahwa fitur di aplikasi ini mirip dengan Windows Paint. Bedanya Windows Paint sudah tersedia karena bawaan dari sistem operasi windows. Yang membedakan adalah dimana windows paint hanya untuk penambahan editing foto.

13. PicturesToExe 9

Aplikasi PicturesToExe 9 ini tak bisa diragukan lagi, pasalnya software ini mempunyai fitur dan tool seperti aplikasi berbayar. Mampu memanipulasi, kecerahan dan mengatur keseimbangan warnanya. Tool kurva yang terdapat dalam aplikasi ini sangat berguna. Apabila kamu akan membuat sebuah ilustrasi. Kamu juga bisa memakai aplikasi ini yang hanya dibekali ukuran 3MB saja.

14. Artweaver

Aplikasi ini adalah software yang menarik dan artistik untuk melakukan edit foto. Dikarenakan aplikasi ini mampu mengubah foto menjadi sebuah sketsa bak lukisan dan kartun. Terlebih jika kamu hobi dalam melukis pasti seharusnya suka dengan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan juga ada versi berbayarnya tersendiri.

15. Photo Pos Pro

Melalui aplikasi ini, kamu bisa bekerja mendesain foto, membersihkan, dan menghaluskan foto, apapun yang berkaitan dengan editing foto. Sering dibilang clone dari Photoshop dikarenakan aplikasi ini mempunyai tool-tool yang sama. Tersedia tool-tool misalnya The Selection Tool,Rich Text Tools,Special Effects,Script Tools, editing dan Tools for precision. Software Photo Pos Pro sudah layak menjadi aplikasi yang bagus dalam bidang editing untuk desain grafis. Nah, diatas adalah daftar aplikasi edit foto pc yang mimin rekomendasikan. Apabila kamu membutuhkan fitur yang sangat lengkap ada Photo Pos Pro, GIMP, Gimpshop, dan Pix Buillder. Selamat mencoba dan bersenang-senang.

 

Pin It on Pinterest